Sengketa Pilpres 2019

KPU Merasa Tak Jadi Termohon saat Dalil Gugatan Prabowo Dibacakan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: LKBN Antara

Ilustrasi sengketa Pilpres 2019 di MK

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merasa tidak menjadi pihak termohon dalam sidang pendahuluan sengketa Pemilihan Presiden (PIlpres) 2019 yang digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Itu setelah pihak Kuasa Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Unu sebagai pemohon di MK, membacakan dalil-dalil gugatan.

"Kami melihat pembacaan sejak awal hingga sidang diskorsing pukul 11.15 Wib, kami merasa ya kami sebetulnya tidak harus ada di posisi termohon," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Gedung MK, Jakarta.

Menurut Arief, selama sidang berlangsung hingga skorsing diberlakukan, dalil gugatan Prabowo-Sandi yang dibacakan tim kuasa hukumnya menyangkut soal sengketa proses pilpres, bukan hasilnya.

Dia menyatakan dalil gugatan mengenai sengketa proses pemilu merupakan perselisihan antara pemohon dengan pasangan calon lain yaitu Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin dan bukan antara pemohon dengan KPU.

"Tidak ada yang diduga atau disangkakan ke kita. Kita belum tahu halaman berikutnya, tapi kalau sampai halaman yang tadi, ya rasanya kami tidak harus menjadi termohon," tambahnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter