Tiga dari 198 Kades Terpilih di Ponorogo Tak Dilantik, Ini Sebabnya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menjelaskan penyebab tidak dilantiknya tiga kades terpilih

jatimnow.com - Sebanyak 198 Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 di Ponorogo. Namun, tiga dari 198 kades terpilih, tidak dilantik oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni.

Tiga kades terpilih yang tidak dilantik itu adalah Kades Koripan, Kecamatan Bungkal dan Kades Bondrang, Kecamatan Sawoo, sebab keduanya meninggal dunia setelah terpilih. Sedangkan, Kades Pager, Kecamatan Bungkal tidak dilantik lantaran masih menyisakan persoalan, sehingga belum ada keputusan untuk dilantik atau diulang (pemungutan suara ulang).

Keputusan untuk tidak melantik kades terpilih Desa Pager diambil Bupati Ipong lantaran persoalan pilkades di sana belum selesai. Warga setempat yang mendukung Calon Kades Agusdian Mustofa menggelar aksi unjuk rasa hingga kelima kalinya. Terakhir, unjuk rasa dilakukan di depan kantor bupati pada Selasa (18/6/2019) lalu.

Sementara, mengacu hasil pilkades setempat, Calon Kades Setyarini keluar sebagai pemenang dengan selisih dua suara. Namun kemenangan Setyarini itu dipermasalahkan, karena ada tuduhan dua surat suara hilang.

"Pengusutan terhadap Pilkades Pager sudah diproses mulai dari tingkat desa, kecamatan, sampai panitia di tingkat kabupaten," terang Bupati Ipong, Kamis (20/6/2019).

Ketiganya kompak mengajukan rekomendasi kepada Bupati Ipong bahwa Pilkades Pager sudah sah sesuai aturan.

"Artinya, walaupun kertas suara itu hilang, itu tidak membuat pemilihan itu tidak sah. Tetapi karena ada demo dan suasana yang lain terjadi, maka panitia menyerahkan keputusan kepada bupati," jelasnya.

Namun, Bupati Ipong mengaku belum bisa mengambil keputusan terkait Pilkades Pager. Ia masih mempertimbangkan banyak hal dan perlu mendengar langsung keterangan dari sejumlah pihak, apakah dari panitia, kedua calon, hingga kepolisian.

Sementara untuk dua kades yang meninggal dunia, masih menunggu wacana revisi perbup sebagai dasar menyelenggarakan pilkades ulang di kedua desa.

"Saya berjanji sebelum 9 Juli 2019, sudah akan ada keputusan," tegasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter