581 Warga Terjangkit Hepatitis A, Bupati Pacitan Tetapkan KLB

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Bupati Pacitan, Indartato

jatimnow.com - Bupati Pacitan Indartato menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) atas penyakit Hepatitis A yang menjangkiti 581 warganya. Status KLB itu ditetapkan untuk mempermudah penanganan penyakit tersebut.

"Kita tempuh jalur itu untuk mempermudah proses penanggulangannya," kata Bupati Indartato saat dihubungi jatimnow.com, Selasa (25/6/2019).

Ia mengaku sudah melaporkan banyaknya penderita hepatitis A ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur. Dirinya juga sudah mengunjungi warga yang menderita Hepatitis A di puskesmas-puskesmas, tempat merawat para penderita.

Baca juga:  Dinkes Sebut 581 Warga Pacitan Terkena Hepatitis A

Menurutnya, saat ini Pemkab Pacitan melalui Dinkes sedang mengumpulkan data terkait jumlah penderita maupun persyaratan lain. Penetapan KLB diharapkan lebih mengoptimalkan penanganan penyakit akibat virus tersebut.

"Untuk data, semua sudah dikumpulkan dan harus KLB. Suratnya sudah ada, kita tandatangani," jelasnya.

Setelah ditetapkan KLB, lanjut Indartato, semua akan dikerahkan mulai dari pembasmian virus hingga penanganan selanjutnya akan dilakukan.

Sampai Salasa (25/6/2019), dari data warga yang terkena Hepatitis A tersebar di Kecamatan Sudimoro yaitu 400 warga, Kecamatan Sukorejo ada 60 warga, Kecamatan Ngadirojo 63 warga, Kecamatan Tulakan 42 warga, Kecamatan Bubakan 10 warga, Kecamatan Tegalombo 4 warga dan Kecamatan Arjosari 2 warga.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter