Siswa SD di Banyuwangi Ikuti Lomba Robot Kreasi

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Salah satu robot karya siswa SD di Banyuwangi

jatimnow.com - Ratusan siswa SD di Banyuwangi ditantang untuk berkreasi membuat robot dan dilombakan.

Kabid Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan Banyuwangi, Nuriyatus Sholeha mengatakan, bahwa ajang perlombaan robot tingkat SD ini merupakan inovasi bagi LIPI dan Indonesia.

Sebab, kata dia, lomba kreasi robot ini adalah yang pertama kalinya untuk kategori siswa SD. Ada 150 siswa SD yang mengikuti lomba ini.

"Ini adalah inovasi bagi LIPI sendiri dan Indonesia, ini pertama kali diadakan untuk siswa SD. Ya di Banyuwangi ini," kata Sholeha.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini, juga ditantang untuk mengkreasikan robot buatannya dari barang bekas. Seperti kardus dan gelas minuman. Bahkan, salah satu robot diantaranya dibuat menyerupai Barong Osing.

"Membuat kreasi robot tidak harus mahal, bisa dari barang bekas tetapi tetap tidak meninggalkan unsur-unsur robotiknya," ujarnya.

Dari perlombaan ini, Dinas Pendidikan Banyuwangi berharap agar sejak usia anak-anak sudah mampu membuat mainan mereka sendiri tanpa harus membeli. Syukur-syukur, kata dia, dapat mengikis budaya konsumtif.

"Ini membuat siswa lebih kreatif tidak konsumtif dan bagaimana siswa dapat mengeksplorasi dari dalam dirinya," sebut Sholeha.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter