MPLS SMA di Surabaya, Siswa Diajak Kunjungi Panti Werdha

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

MPLS SMA di Surabaya di Panti Werdha

jatimnow.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Jatim lebih menekankan pada pembentukan karakter melalui kegiatan di luar sekolah untuk tahun ini.

Puluhan pelajar SMA Negeri 16 diajak mengunjungi Panti Werdha Hargodedali di Jalan Manyar Kartika Surabaya, Kamis (18/7/2019).

Salah satu siswa SMA 16 Surabaya, Altafannia Zalwa dalam kegiatan MPLS mengajak berbincang bersama para penghuni panti. Selain itu ia bersama teman-temannya mengajak lansia untuk bernyanyi dan menyerahkan bakti sosial kepada para pengurus panti.

Menurut alumni SMP Negeri 17 Surabaya itu, dirinya sempat meneteskan air mata saat berbincang dengan penghuni panti karena teringat dengan neneknya yang telah meninggal.

"Saya gak banyak waktu. Agak sibuk jadi ketika eyang meninggal gak sempat lihat, tapi sempat ikut menguburkan. Ini bagi saya sebagai pembelajaran betapa berharganya orang tua," katanya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Hudiyono mengatakan kegiatan MPLS yang dilakukan para siswa ini merupakan pembelajaran yang sangat berharga dalam proses meniti kehidupannya saat ini hingga dewasa nanti.

"Langkah sekolah mengenalkan hal positif ini patut ditiru. Dengan mendatangi tempat-tempat seperti Panti Werdha ini bisa bermanfaat dalam ilmu kehidupan yang justru tidak didapatkan di sekolah," kata Hudiyono.

Mantan Kepala Bidang SMK Dindik Jatim ini menambahkan pengenalan lapangan ini dapat memicu motivasi ditengah lingkungan yang bervariasi. Pendidikan karakter yang diberikan sebagai upaya pembelajaran.

"Apa yang dilakukan anak-anak ini sebagai bentuk pengabdian. Hari ini mereka melaksanakan pengabdian. Para orang tua ini berjasa membesarkan anak-anaknya sampai berhasil," ujarnya.

Kepala Sekolah SMAN 16 Surabaya, RA Roosdiantini mengatakan kegiatan MPLS ini dapat mencerminkan kehidupan. Meski jauh dari keluarga mereka para orang tua ini tetap semangat dan bahagia.

"Kenapa kegiatan di Panti Werdha, karena siswa bisa mendapatkan karakter sebuah keluarga," katanya.

Selain menggelar kegiatan di panti jompo para siswa itu juga mengunjungi puskesmas yang ada di Surabaya. Tujuannya, untuk menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan kesehatan yang sedang berkembang di masyarakat.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter