Musim Kemarau, Enam Kecamatan di Probolinggo Terancam Kekeringan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Warga Probolinggo mengambil air yang dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari

jatimnow.com - Enam kecamatan di Kabupaten Probolinggo masuk daerah yang rawan akan kekeringan di musim kemarau. Keenam kecamatan tersebut diantaranya Kuripan, Tegalsiwalan, Tongas, Bantaran, Wonomerto dan Lumbang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan enam kecamatan tersebut masuk sebagai daerah rawan kekeringan.

"Untuk tahun ini diperkirakan wilayah terdampak kekeringan terjadi di 6 kecamatan terdiri 12 desa dan 26 dusun," katanya, Kamis (18/7/2019).

Pemetaan wilayah yang dinilai rawan kekeringan telah dilakukan. Pihak BPBD sendiri telah melakukan koordinasi secara intens dengan pihak terkait.

Untuk mengantisipasi adanya kekurangan air bersih, BPBD melakukan langkah penyimpanan air bersih dan mengembangkan jaringan air bersih. Diperkirakan durasi waktu kekeringan di enam kecamatan ini berlangsung bulan Juni hingga Agustus bulan depan.

"Untuk distribusi air bersih secara cepat dan tepat sasaran, kami berkoordinasi dengan pihak kecamatan yang wilayah masuk dalam data kekeringan," tukasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter