Mahasiswa UWM Surabaya Kreasikan Buah Pare Jadi Obat Diabetes

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Dua Mahasiswa UWM Surabaya sedang mempraktekan olahan buah pare untuk obat.

jatimnow.com - Dua mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Surabaya,  Felicia Tjokroaminjaya dan Adytya Dewanti mengkreasikan pare menjadi bahan olahan yang nikmat yaitu fruit pulp pare, Selasa (17/4/2018).

Dosen Pembimbing Farida Lanawati Darsono menjelaskan, proses yang dilakukan yaitu mengubah buah pare ayam menjadi bentuk minuman yang berkhasiat sebagai anti diabetes.

Melalui penelitian, Adytya dan Felicia berhasil membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi fruit pulp buah pare, terbukti mampu menurunkan kadar gula darah.

"Hal yang perlu diingat adalah, konsumsi fruit pulp buah pare ini tidak lantas menghentikan konsumsi obat sintetik. Obat-obatan sintetik tetap perlu diminum," ujar Farida

Farida menambahkan metode dalam penyiapan fruit pulp pare cukup mudah. Pertama pare hijau varietas ayam yang dipilih adalah pare muda dengan umur kurang lebih 15-20 hari dari munculnya bakal buah di pohon.

"Ukuran yang dipilih se-hasta orang dewasa berwarn hijau. Kemudian dicuci dengan air sampai bersih serta dihilangkan bagian gabusnya dan tersisa daging buahnya saja. Selanjutnya daging buah pare dipotong kecil diblender hingga menjadi fruit pulp" tambahnya.

Adytya mengatakan, jumlah buah pare yang dikonsumsi, harus menyesuaikan kondisi kadar gula penderita diabetes. Bila kadar gula penderita tinggi, maka bisa mengonsumsi setengah dari buah pare.

"Fruit pulp diberikan cukup satu kali dalam sehari meskipun frekuensi minum obat sintetik bisa lebih dari satu kali," tutur Adytya.

Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang berhasil membuktikan bahwa fruit pulp buah pare bisa mengoptimalkan kinerja obat sintetik untuk menurunkan gula darah.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter