Polda Jatim Akan Beri Beasiswa Bintara Kuliah di Telkom University

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

jatimnow.com - Polda Jawa Timur terus memanfaatkan teknologi informasi (IT) dalam menunjang kinerjanya melayani masyarakat.

Rencananya, Polda Jatim akan menyeleksi bintara IT dan akan diberikan beasiswa untuk kuliah di Telkom University kampus Surabaya. Mereka dibekali ilmu dari Telkom untuk memperkuat tim IT Polda Jatim.

"Itu tuntutan era sekarang ini. Di fungsi mana yang tidak pakai IT. Semua kehidupan manusia sekarang semuanya didukung oleh IT," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin kepada wartawan usai membuka Rakernis Bid Dokkes dan Bid TI (Bidang Teknologi Informasi) Polda Jatim, di Hotel Wyndam Surabaya, Selasa (17/4/2018).

"Namanya ojek saja sekarang pakai IT. Pesen makanannya juga bisa pakai IT. Oleh karena itulah, polisi harus memanfaatkan IT. Sangat ketinggalan kalau polisi tidak memanfaatkan IT. Itu mempermudah pekerjaan. Hal yang tidak mungkin, semua sekarang sudah mungkin. Itu yang harus dipelajari," terangnya.

Kapolda arek Suroboyo ini mengaku cukup senang dalam dua tahun terakhir ini Polri secara nasional telah menerima sekitar 200 bintara IT per tahunnya.

"Itu nanti yang mengisi semua polisi-polisi yang ada IT-nya. Semua polisi ada unsur IT-nya sekarang. lah itu yang harus diisi oleh orang-orang yang mumpuni di bidangnya," tuturnya.

Mantan Kadiv IT ini menambahkan, Mabes Polri sudah bekerjasama dengan Telkom University di Bandung. Bintara IT dari berbagai polda di Indonesia diseleksi. Mereka yang lolos seleksi akan mendapatkan ilmu (dikuliahkan) ke Telkom.

Kerjasama dengan Telkom akan dilanjutkan antara Polda Jatim dengan Telkom University yang ada di Surabaya.

"Polda Jatim untuk bisa membekali IT pada anggota polisi untuk lebih expert lebih jago lagi. Polisi sudah jago, menangkap teroris, menangkap kasus narkoba pakai IT. Orang yang melakukan ujaran kebencian, IT menyertai untuk bisa mengungkap itu," jelasnya.

Sementara itu, Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Polda Jatim. Salah satunya, kerjasama di bidang pendidikan (beasiswa bagi bintara IT Polda Jatim).

"Itu salah satunya, karena kita punya fasilitas pendidikan di Telkom  University. Nanti kalau memang segalanya memungkinkan dari sisi assessment bisa jadi seperti itu," ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu itu sudah dilakukan kerjasama antara Mabes Polri dengan Telkom.

"Kebetulan waktu itu inisiatornya Pak Machfud," katanya.

Telkom University akan memiliki kampus di Kota Surabaya dan melengkapi kampus (pusatnya) yang ada di Jawa Barat.

"Telkom Unviersty akan berdiri kira kira mendekati tahun ajaran baru tahun ini," jelasnya Suparwiyanto.

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter