Ngaku Anggota BIN, Dua Pria ini Tipu Puluhan Orang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Berbagai kartu identitas palsu yang diamankan dari kedua tersangka

jatimnow.com - Mengaku sebagai anggota Badan Intelejen Nasional (BIN), Sunarto (43) warga Sidoarjo dan Imam Dhofir alias Bambang Supeno (54), asal Bandar Lampung ditangkap petugas gabungan.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan keduanya ditangkap oleh polisi bersama TNI di Terminal Bungurasih pada, Selasa (23/7) sekitar pukul 15.00 Wib.

"Unit Pidum Sat Reskrim dan anggota Sat Intelkam Polresta Sidoarjo dengan anggota Kodim Sidoarjo berhasil menangkap kedua pelaku di Terminal Bungurasih. Tim memancing tersangka untuk datang ke Sidoarjo dan melakukan penangkapan terhadap mereka serta mengamankan berbagai barang bukti," katanya, Kamis (25/7/2019).

Ia menjelaskan, kedua tersangka terbukti menipu dan memeras korban dengan mengaku sebagai anggota BIN.

Mereka menawarkan bantuan kepada korban untuk masuk menjadi anggota BIN dengan membayar sejumlah uang.

"Awal mulanya tersangka Sunarto berkenalan dengan tersangka Imam Dhofir yang mengaku bernama Bambang Supeno sebagai anggota BIN. Tersangka Sunarto kemudian ditawari untuk menjadi anggota BIN dengan membayar sejumlah uang oleh tersangka Imam. Setelah Sunarto membayar Rp 11,5 juta ia mendapat kartu anggota BIN dan Surat Tugas Khusus," jelasnya.

"Setelah mendapat kartu anggota BIN dan surat itu, Sunarto melakukan perekrutan anggota baru yang menjadi korbannya yakni Dicky Istu Wibowo dan Samsul Bahri dengan meminta sejumlah uang," tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka Sunarto telah melakukan perekrutan sebanyak 4 orang. Sementara Imam Dhofir telah melakukan perekrutan sebanyak 24 orang.

Untuk barang bukti yang berhasil disita adalah berbagai tanda pengenal palsu BIN, kartu pemegang senpi, KTP tersangka dari berbagai daerah, dan senjata revolver air soft gun.

Kedua pelaku dijerat dengan pasal mengenai penipuan dan atau penggelapan Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter