Kebakaran di Gunung Arjuno-Welirang, 123 Pendaki Dievakuasi

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Asap tampak mengepul dari titik kebakaran di Gunung Arjuno-Welirang

jatimnow.com - Seratus lebih pendaki Gunung Arjuno-Welirang dievakuasi Petugas Tahura R Soerjo sejak terbakarnya hutan di lembah penghubung Gunung Arjuno dengan ketinggian 2.800 Mdpl dan Gunung Welirang di ketinggian 1.500 Mdpl.

"Kemarin malam ada 53 pendaki yang sudah turun di Pos Pendakian Sumber Brantas Kota Batu, tinggal 24 orang lagi yang masih dalam perjalanan turun," jelas Kasie KPPH Malang, Dedi Hadiana saat dihubungi jatimnow.com, Senin (29/7/2019).

Selain Pos Pendakian Sumber Brantas yang menjadi jalur pemadaman api, Petugas Tahura R Soerjo juga memaksa para pendaki yang naik di Pos Pendakian Lawang, kemudian 2 pos pendakian yang di Kabupaten Pasuruan, yaitu Tambak Watu dan Tretes, juga diminta untuk turun.

Baca juga:  Kebakaran di Gunung Arjuno-Welirang, Seluruh Jalur Pendakian Ditutup

"Di Pos Lawang, 30 Pendaki sudah diimbau turun dan saat ini sedang dalam perjalanan. Sedangkan di Pos Tambak Watu, Purwodadi ada 8 pendaki, lalu di Pos Tretes tinggal 30 pendaki yang saat ini sudah berada di Kop-kopan," tambahnya.

Jalur pendakian ke Gunung Arjuno dan Welirang ditutup akibat kebakaran Jalur pendakian ke Gunung Arjuno dan Welirang ditutup akibat kebakaran

Apakah jalur turun dari pendakian aman dari kebakaran? Dedi menegaskan jika lokasi kebaran jauh dari jalur pendakian. Artinya, tidak ada ancaman serius selama proses evakuasi para pendaki.

"Tidak ada dampak lain selain terbukanya tanah akibat terbakarnya rumput dan tegakan pohon, baik di Gunug Arjuno yang masuk wilayah Batu dan Gunung Welirang yang masuk wilayah Trawas dan Pasuruan. Asap pun tidak sampai turun ke perkampungan warga," ujarnya.

Dedi menyebut, proses pemadaman titik-titik api masih terus dilakukan. Sejak Senin pagi, dua tim berangkat dari Pasuruan dan Mojokerto berjumlah sekitar 20 orang.

"Kalau sudah 2 sampai 3 hari tidak muncul titik api, pasti kita lakukan pembahasan ulang untuk dibuka atau tidaknya pintu pos pendakian," tambahnya.

Diketahui, Gunung Arjuno dan Welirang merupakan satu gugusan gunung. Sebelum lembah Gunung Welirang muncul titik api, petugas Tahura R Soerjo telah berjibaku memadamkan api di Gunung Arjuno yang masuk wilayah Kota Batu.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter