Kapolda dan Pangdam Brawijaya Gandeng Media Jaga Netralitas di Pilkada


Suasana deklarasi pilkada serentak aman dan netralitas

SURABAYA :: jatimnow.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin memperingatkan bagi anggota POLRI k tidak 'bermain-main' di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jawa Timur. JIka kedapatan ikut bermain di 18 pilkada kabupaten dan kota serta Pemilihan Gubernur Jatim 2018, akan ditindak tegas.

"Pasti kita memberikan sanksi. Nggak ada main-main untuk anggota Polri," ancam Irjen Pol Machfud Arifin saat Deklarasi Damai untuk Mensukseskan Pemilukada Serentak di Surabaya, Jumat (2/2/2018).

Machfud mengatakan, anggota POLRI juga tidak boleh swafoto bersama calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah. Katanya, Polri harus netral di pilkada adalah sesuai instruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Instruksi Kapolri tidak boleh diingkari, harus ditaati dan dilaksanakan. Polisi sama TNI netral dalam pilkada ini. Nggak ada yang berpihak, pasti netral," tegasnya.

Deklarasi damai pilkada serentak ini diinisiasi oleh wartawan yang tergabung dalam PWI, AJI, IJTI serta Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur. Selain  itu juga dihadiri Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan.

Kapolda mengucapkan terima kasih kepada wartawan dan media di Jatim yang telah menjaga komdusifitas serta bersepakat menjaga netralitas dalam pilkada serentak. Media juga diminta ikut memerangi berita hoax dan sara.

"Saya berharap, ada kerjasama dengan media, untuk ikut serta menciptakan situasi kondusif. Memberikan bantuan kepada polisi, apabila menemukan dalam kesehari-harian. Ada berita miring yang mengarah kepada perpecahan, tolong segera dilaporkan," ujarnya.

Meski ada petugas kepolisian yang tergabung dalam penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu) dalam menangani pilkada, kapolda tetap berharap kepada media untuk memberikan kontribusi menciptakan pilkada aman dan damai.

"Dan paling tidak hari ini memberikan ikrar, untuk menjaga kondusifitas wilayah Jawa Timur dalam rangka pilkada serentak," harapnya.

Kapolda bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman serta awak media media juga membacakan deklarasi damai. Berikut ini isi dari Deklarasi Damai untuk Mensukseskan Pemilukada Serentak.

'Assalamualaikum WR WB

Kami awak media, menyatakan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk mendukung dan mensukseskan pilkada serentak 2018 yang aman, damai dan kondusif, dengan mengedepankan pemberitaan sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Mari kita bersama-sama tetap menjaga kerukunan dan ketentraman, jangan mudah terprovokasi oleh isu suku, agama, ras maupun antar golongan, dan berita hoax yang digunakan untuk kepentingan golongan guna memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

Wassalamualaikum WR WB.

 

 

redaksi


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter