Balita Ditemukan Terikat, Polisi: Ayahnya Gangguan Jiwa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Widodo, ayah yang ikat anaknya di Surabaya dipastikan mengidap gangguan jiwa

jatimnow.com - Andra, bayi di bawah lima tahun (balita) yang ditemukan dalam kondisi terikat di dalam bangunan liar Jalan Putro Agung II No. 40, Tambaksari, Surabaya, telah dipertemukan dengan ibunya. Sedangkan sang ayah, sudah dibawa ke Liponsos Keputih.

Kanit Reskrim Polsek Tambaksari Iptu Didik Ariawan menyebut bahwa WDD atau Widodo (61), merupakan orang yang mengikat Andra. Widodo merupkan ayah kandung dari balita berumur 1 tahun 6 bulan.

"Ayah korban mengalami gangguan jiwa sehingga dibawa ke Liponsos Keputih (Surabaya)," kata Didik, Minggu (4/8/2019).

Baca juga:  Balita Ditemukan dengan Tangan Terikat di Dalam Bangunan Liar Surabaya

Data yang didapat Didik, Andra merupakan anak ke-7 Widodo. Sedangkan istri Widodo sudah pergi meninggalkan Widodo karena tidak kuat dengan perlakuan Widodo yang sering mengamuk akibat gangguan jiwa yang dialaminya.

"Saat korban mau dibawa ibunya, ayahnya melarang. Karena itu ibunya tidak berani," terang Didik.

Evakuasi terhadap Andra dilakukan Tim Badan Penanggulangan Bencana, Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya, Satpol PP dan Bhabinkamtibmas Polsek Tambaksari. Saat mengevakuasi Andra sekitar pukul 15.15 Wib, Sabtu (3/8/2019), Widodo sempat menghalangi petugas. Namun setelah berkomunikasi, Widodo akhirnya menyerah.

Sementara, Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Surabaya AKP Ruth Yeni menambahkan, setelah dibawa ke Kantor BPB Linmas Kota Surabaya dan ditangani tim dari Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya, Andra kemudian diserahkan ke ibu kandungnya.

"Semalam langsung diserahkan ke ibunya dan saat ini sudah dalam perawatan ibunya. Kami hanya mem-backup saja," terang Ruth Yeni.

Andra ditemukan di dalam bangunan liar di atas saluran air dalam kondisi terikat tangan kanannya. Ia diikat oleh Widodo dengan seutas tali tambang. Peristiwa itu bermula saat Satpol PP hendak membongkar bangunan liar tersebut.

Meski terikat, Andra tampak sehat dan tidak menangis. Saat dicek, ia dalam keadaan sehat. Hanya saja tangan kanannya sedikit terluka akibat gesekan tali tambang yang terikat di tangannya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter