Ini Pemicu Pendingin Pisang Meledak Hancurkan Satu Rumah di Pasuruan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Rumah yang hancur akibat ledakan ruang pendingin pisang di Pasuruan dipasangi garis polisi

jatimnow.com - Setelah melakukan penyelidikan dan memeriksa sejumlah saksi, polisi memastikan, ledakan yang hancurkan satu rumah di Pasuruan bersumber pada ruang pendingin Pisang Cavendish. Ruangan itu meledak diduga akibat tekanan gas.

Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Slamet Santoso mengatakan, ruang itu meledak akibat alat-alat rakitan yang dipakai pemiliknya, kurang memperhatikan keamanan atau safety.

"Ruangan pendingin ini kan hasil rakitan sendiri. Mengapa meledak? Ya karena kurang safety," ungkap Slamet kepada jatimnow.com, Minggu (4/8/2019).

Baca juga:  

Ruangan pendingin yang memiliki ukuran panjang 1,5 meter, lebar 2 meter dan tinggi 180 cm tersebut di dalamnya terpasang freon lalu dialiri gas asitelin yang bersumber dari tabung gas. Fungsi gas asitelin yaitu untuk menguningkan kulit dan mematangkan Pisang Cavendish.

"Kasus ini masih dalam penyelidikan kami. Dugaan sementara ada kebocoran gas asitelin lantaran kuatnya tekanan gas," jelasnya.

Sementara itu, rumah korban yang hancur masih dipasangi garis polisi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 18.30 Wib, Sabtu (3/8/2019) tersebut.

Rumah dan alat itu merupakan milik Sidiq (32) di Dusun Lodo, Desa Karangjati, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Saat ledakan terjadi, Sidiq bersama istri dan anaknya sedang berada di ruang tamu, sehingga ketiganya hanya mengalami luka ringan.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter