Kemendes Minta Potensi Desa di Ponorogo Dikenalkan Melalui Internet

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi bersama Bupati Ipong saat melepas Bulus di Wisata Sendang Bulus, Ponorogo

jatimnow.com - Dalam kunjungan kerjanya di Ponorogo, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Anwar Sanusi meminta masyarakat di desa wisata bisa 'melek' teknologi terutama internet.

"Biar masyakarat dari luar Ponorogo bisa mengetahui perkembangan desa-desa yang ada di bumi reog," kata Ahmad Sanusi usai pelepasan Bulus di Wisata Sendang Bulus, Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Minggu (4/8/2019).

Dia menjelaskan, potensi yang ada di desa bisa diunggah dan dikenalkan melalui internet, salah satunya melalui channel Youtube. Sebab, pada Kemendes, bakal tersedia kanal desa dan akademi desa 4.0.

"Desa desa di Ponorogo harus bisa menjadi Desa Digital (DeDi) dan Desa Wisata (DeWi). Anggota karang taruna harus turut aktif membuat konten-konten yang bisa menaikkan nilai pariwisata di desa masing-masing," jelasnya.

Menurutnya, ide untuk itu bisa dari mana saja yang penting bisa memajukan dan mengembangkan potensi desa. Apalagi sudah tidak ada wilayah blankspot di Ponorogo, sehingga semua wilayah bisa mengakses internet.

"Contohnya di lokasi Wisata Sendang Bulus ini, bisa jadi salah satu ikon wisata di Ponorogo," paparnya.

Caranya, lanjut Ahmad Sanusi, pertama dengan pengembangan kewirausahaan desa untuk kegiatan ekonomi pedesaan. Kedua sumber daya manusia pedesaan bisa maju dan ketiga tata kelola dilakukan pembenahan.

"Tujuan diadakannya bursa inovasi desa ini agar tiap desa bisa tukar inovasi. Misal di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong ada namanya produk batik ciprat. Ini bisa jadi sumber informasi masyarakat desa lain untuk mereplikasi," sambungnya.

Sementara, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menambahkan jika Sendang Bulus punya potensi luar biasa. Ke depan harapannya akan dibangun 20 lapak pedagang, kolam renang serta penangkaran bulus.

Potensi tersebut, lanjut Bupati Ipong, bisa membuat Sendang Bulus menjadi salah satu obyek wisata andalan di Ponorogo. Apalagi di hanya di wisata inilah hewan endemik Bulus bisa dilihat.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter