Pixel Code jatimnow.com

Melihat dari Dekat Salon Kambing Kurban di Ponorogo

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Salon kambing kurban di Ponorogo yang dikelola Maiful
Salon kambing kurban di Ponorogo yang dikelola Maiful

jatimnow.com - Kambing-kambing kurban yang dijual Maiful di Jalan Anjani, Kelurahan Pakunden, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo berbeda dengan yang lain. Kambing-kambing yang dijualnya bersih dan berbau harum lantaran ia menyediakan jasa salon kambing.

Selasa (6/8/2019), Maiful mengeluarkan satu kambing untuk dimandikan dan dikeramasi dengan shampo khusus kambing. Dengan telaten, tangan Maiful membersihkan bulu kambing meski sesekali kambing berontak.

Setelah dikaremasi, bulu kambing juga disisir. Bulu yang panjang pun dipotong, kuku empat kaki kambing juga tak luput untuk dibersihkan. Bahkan kambing-kambing yang dijualnya diberi vitamin antibakteri. Setelah tuntas, kambing dijemur sebentar lalu dimasukkan kembali ke kandang.

"Setelah ada yang beli, kambingnya kami rawat dulu sebelum diambil atau diserahkan pembeli," kata Maiful.

Ia menjelaskan, kambing yang ada secara bergiliran dirawat setiap satu minggu sekali. Dirinya membuat pemeliharaan dengan standar yang bagus lantaran kambing juga mahkluk Tuhan.

"Kewajiban kita harus memperlakukan secara baik, terlebih ini untuk ibadah kurban, sehingga harus saya rawat baik. Memberikan pelayanan yang baik juga buat pembeli," tambahnya.

Baca juga:
Pasar Hewan Ditutup, Pedagang Kambing Pilih Jualan di Pinggir Jalan Jombang

Tidak hanya itu, untuk menarik pembeli, Maiful memberikan kambing-kambing itu dengan pakan yang bagus serta merawat kebersihan kandang.

"Keunggulannya kambing di sini, kami beri makan dengan probiotik tambahan, efeknya kambing semakin tinggi nafsu makannya. Kemudian prosès metabolisme pencernaan semakin bagus sehingga penyerapan nutrisi dalam tubuh akan maksimal," terangnya.

Perawatan itu, lanjut Maiful, akan membuat kotoran yang dikeluarkan kambing minim bau. Sehingga jika ada pembeli yang melihat, dipastikan tidak akan risih.

Baca juga:
Video: Jasa Salon Kambing Kurban di Ponorogo

Ia mematok harga Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta lebih untuk satu ekor kambing. Semua kambing yang dijualnya juga dipastikan telah lulus syarat kurban.

"Setelah dibeli, kambingnya kami rawat sampai sebelum disembelih. Kami juga menggratiskan ongkos kirimnya," pungkasnya.