Asyiknya, Anak TK Belajar Biota Laut dengan Lomba Mewarnai

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Anak-anak TK menerima piala usai lomba mewarnai

jatimnow.com - Ratusan murid taman kanak-kanak (TK) se-Surabaya dan Sidoarjo, mengikuti lomba mewarnai dan edukasi tentang kelautan dan perikanan.

Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati bulan bakti karantina dan mutu, yang digelar Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Surabaya, Rabu (18/4/2018), di hall Mustofa Center Royal plaza, Surabaya.

Panitia bulan Bakti KIPM 2018, Didik Srinoto menerangkan, kegiatan yang bertajuk gerakan sadar mutu dan karantina ikan (Gemasatukata), bertujuan untuk mengenalkan sumber daya kelautan dan perikanan sejak dini kepada murid TK.

"Para murid TK ini diajak untuk beradu kreativitas dalam mewarnai, mereka juga diajak mengenali jenis-jenis ikan serta menanamkan rasa cinta terhadap dunia kelautan dan perikanan sejak dini," terang Didik.

Ia mengatakan, gerakan yang digagasnya itu juga untuk peningkatan kesadaran masyarakat dalam hal pengendalian kesehatan, mutu dan keamanan hasil perikanan yang terpadu dengan unsur-unsur lembaga terkait.

"Selain itu para guru yang hadir mendampingi siswanya, juga kita beri semangat untuk mengkampanyekan gemar mengkonsumsi ikan. Agar para penerus bangsa ini sehat dan cerdas," kata Didik.

Situasi di lokasi juga tampak meriah. Murid TK dalam lomba mewarnai ini juga sangat antusias. Sebab, selain mewarnai mereka juga diberi ikan cupang dan balon warna-warni.

"Dengan dikemas dengan acara menarik seperti ini, kita berharap anak-anak semakin antusias dalam belajar tentang biota laut,” katanya.

Sementara itu, Maliah Nur Ida Kepala TK Al falah Darusallam, Tropodo, Sidoarjo, mengaku melibatkan 20 siswa dalam acara tersebut. Selain itu kegiatan ini disambut baik oleh para orang tua karena sama seperti pembelajaran di luar sekolah.

"Kami sangat terima kasih dengan acara seperti ini, karena membuat wawasan anak menjadi terbuka, meningkatkan semangat dan daya kompetisi mereka," kata Maliah.

Puluhan anak TK yang ikut lomba ini berasal dari enam sekolah yakni TK Arisska, TKIT Taman Robbani, TK Islam Al Manaf, TK Al-falah Darussalam, TK Tunas Bangsa dan TK Aisyiyah.

Tema lomba yang dipilih kali ini terkait mengenal biota laut. Hadiah yang diperebutkan berupa tropi, tas dan seperangkat alat tulis bagi juara 1, 2, 3 hingga juara harapan 2.

Juara 1, harapan 1 dan 2 diborong oleh TK Aisyiyah, sedangkan juara 2 dan 3 dari TK Arriska.

Reporter: Fahrizal Tito

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter