Soekarwo Mundur dari Partai Demokrat Jatim, Siapa Penggantinya?

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

Presiden Jokowi dan Pakdhe Karwo di Bandara Udara Internasional Juanda/ foto dokumen

jatimnow.com - Soekarwo telah mundur dari Ketua DPD Partai Demokrat Jatim karena menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia. Lantas, siapa penggantinya?

DPP Partai Demokrat belum menunjuk pengganti politisi yang biasa dipanggil Pakdhe Karwo untuk memimpin DPD Jatim. Belum diketahui siapa yang akan menggantikan Pakdhe Karwo itu.

"Kalau itu urusan DPP sampai sekarang belum ada petunjuk apa-apa," jawab Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio kepada jatimnow.com, Rabu (14/8/2019).

"Nah bagi kami juga tidak masalah, kami DPD tidak mendesak atau apa karena saat ini tidak ada agenda politik, hanya agenda reguler seperti kurban, 17 Agustus, natal tahun baru, kalau agenda reguler itu kan hanya urusan DPD lah," tambah Renville.

 Wagub Jatim, Emil Dardak disebut-sebut berpeluang untuk menjadi ketua DPD PD Jatim?

"Kalau yang itu jangan dibahas di saya, karena ditata tertib musda itu yang memilih adalah DPC," jawabnya.

Ia menjelaskan bahwa wewenang mengusulkan ketua DPD itu hak dari DPC-DPC yang tersebar di Jatim. Renville menyarankan jika ada yang ingin menggantikan Pakdhe Karwo sebaiknya segera melakukan pendekatan ke cabang-cabang.

"Jadi yang ngusulkan itu orangnya sendiri yang mau maju, kalau orangnya mau maju, dia melakukan pendekatan di DPC, dia minta back up DPC dan DPC yang mengusulkan," jelas Renville.

"Kalau menanyakan Emil mau maju apa nggak? Justru nanyanya ke DPC bukan nanyanya DPP. DPP tidak punya hak untuk menentukan yang punya hak DPC," pungkasnya.

 Emil Dardak belum bisa dikonfirmasi terkait namanya disebut-sebut dalam bursa calon Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter