17 Kali Dentuman Meriam Howitzer Iringi Upacara Kemerdekaan di Grahadi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

Upacara HUT RI ke 74 di Grahadi

jatimnow.com - Dentuman meriam Howitzer terdengar 17 kali tepat pukul 10.00 Wib saat pelaksanaan upacara bendera di gedung negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Sabtu (17/8/2019).

76 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan pelajar dari seluruh wilayah Jawa Timur dengan sukses mengibarkan bendera merah putih.

Dalam upacara HUT ke 74 ini, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bertindak sebagai inspektur upacara sedangkan pembacaan teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Jatim, Halim Iskandar.

Bertindak sebagai komandan upacara, Letkol Marinir TNI Irawan yang kesehariannya menjadi Komandan Batalyon II Pasmar II.

Bertemakan "SDM Unggul Indonesia Maju", Gubernur Khofifah mengatakan sesuai dengan progres yang saat ini sedang digarapnya.

"Bagaimana SDM unggul Indonesia maju, substantif sekali kalau ingin menyiapkan SDM unggul. Pekerjaan rumah indeks pembangunan manusia yang masih nomor 15 se Indonesia," katanya.

"Ini akan menjadi pemicu mendorong semua lini elemen-elemen stretegis, stakeholder terutama pemilik lembaga pendidikan dan layanan kesehatan yang siap memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM untuk menyiapkan SDM unggul," tambahnya.

Ia meneruskan, upaya untuk membawa Indonesia berkemajuan, Pemprov Jatim berharap Pemkot/Pemkab tersemangati oleh tema nasional dan tidak hanya lebih baik dari hari kemarin tapi lebih baik dari bangsa lain. Artinya butuh lompatan besar yang harus dilakukan.

Dalam pidato kenegaraan presiden, banyak yang harus break down dan telaah bersama. Didalam RPJMD akan menjadi bagian penting sebagai pintu masuk dari seluruh implementasi program.

"Alhamdulillah kemarin rakor banyak BUMN yang hadir dan sama-sama ingin meningkatkan konektivitas di antara daerah yang menjadi interlandnya Surabaya contohnya juga sudah melaksanakan pemetaan menyambungkan jalur kereta Surabaya, Babat dan sekitarnya," ungkapnya.

Dalam upacara ini juga diikuti ratusan peserta upacara dari Satpol PP, unsur TNI, Polri, PNS, ormas, mahasiswa hingga pelajar.

Hadir pula Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI R Wisnoe Prasetja.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter