Bandel, Panwaslu Tertibkan Alat Peraga Kampanye Pilgub Liar

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Petugas mencopoti banner

jatimnow.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Blitar, Kamis (19/04/2018) siang, kembali menertibkan sejumlah alat peraga kampanye (APK) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur ilegal yang ada di kota Blitar.

Penertiban ini dilakukan bersama petugas gabungan dari Satpol PP Kota Blitar yang menyisir ke sejumlah jalan dan kampung yang ada di kota Blitar. Hasilnya, baik APK ilegal dalam bentuk banner, spanduk, dan baliho ditertibkan petugas.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan ya. Tentunya melalui mekanisme pelaporan dari petugas kami di kecamatan atau Panwascam ya," terang Komisioner Panwaslu Kota Blitar Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bambang Arintoko.

Penertiban APK liar itu dilakukan di 110 titik yang tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kota Blitar meliputi satu titik Kecamatan Sananwetan, Kecamatan Sukorejo 16 titik, dan Kecamatan Kepanjen kidul 93 titik.

APK yang ditertibkan petugas merupakan APK bukan dari KPU maupun dari Tim sukses yang telah didaftarkan ke Perijinan Pemkot Blitar. Pemasangan APK dilakukan diberbagai tempat yang bahkan ditempatkan di lokasi yang sulit untuk dijangkau.

"Ya njenengan tau sendirilah, tadi ada yang dipasang di tembok tinggi. Untung peralatan yang ada juga mumpuni untuk bongkar berbagai tempat," ungkap Bambang.

Ia memastikan, monitoring akan terus dilakukan ke seluruh wilayah yang ada di Kota Blitar. Optimalisasi pengawasan melalui petugas Panwascam dan laporan masyarakat diharapkan dapat menjadikan wilayah Kota Blitar tertib Kampanye.

"Kita akan terus lakukan monitoring. Pemantauan intensif akan kita optimalkan untuk menertibkan APK yang diluar ketentuan," pungkasnya.

Reporter: CF Glorian

Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter