Unair Siapkan Strategi Khusus Tangkal Peretas Saat Tes SBMPTN UTBK

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Ketua Panlok 50, Prof Djoko Santoso, saat melihat kesiapan SBMPTN UTBK di lab FK Unair.

jatimnow.com- Uji coba Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan model Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) serentak dilakukan di setiap panitia lokal se Indonesia, Kamis (19/4/2018).

Dengan begitu, dalam mempersiapkan agar proses UTBK berjalan lancar, Panitia lokal (panlok) 50 Surabaya memperhatikan pengamanan untuk membatasi hacker maupun kebocoran soal dengan kode khusus.

Ketua Panlok 50, Prof Djoko Santoso, menegaskan pihaknya sudah menyiapkan keamanan berlapis pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), mulai dari membuat proteksi membuat kode khusus komputer hingga clear area laboratorium seminggu sebelum pelaksanaan Tes UTBK.

"Soal tidak akan bocor karena ada kode khusus, ada waktu-waktu khusus untuk membukanya, kalau waktunya tidak cocok tidak akan bisa, tidak semua orang yang bisa buka juga hanya orang tertentu," ungkap Djoko saat melihat kesiapan SBMPTN UTBK di lab FK Unair.

Ia menjelaskan, ada namanya Standard Operation Prosedur (SOP) mengatasi kebocoran soal. "Ahli IT sudah dilibatkan mengantisipasi itu, termasuk hacker. Ada kode khusus, pengawas sudah di drill agar hacker kewalahan tidak masuk ke server," terangnya.

Prof Djoko menyebut sistem yang diterapkan menggunakan formasi pertahanan berlapis, tidak semua orang bisa mengaksesnya, hanya orang tertentu yang diserahi penanggung jawab langsung.

"Ada kriteria khusus posisi jabatan, secara detail pakai kode IT, karena itu dilakukan survey terlebih dahulu untuk melihat kelemahan sehingga segera dapat ditutup," terangnya.

Pendaftaran SBMPTN model UTBK mulai dibuka hari Rabu, 18-27 April 2018. Dan Untuk panlok 50 disepakati 6 PTN kuotanya adalah 2.770.

"Awalnya kita berharap mendapatkan kuota sebanyak 3 ribu komputer, tapi hingga kini masih belum bisa, ya cuma 2.770," papar Djoko.

Test simulasi ini diakui Djoko sebagai langkah strategis untuk mengantarkan ujian hari H yakni pada 8 Mei 2018 berjalan lancar. Uji coba ini juga merupakan bagian metode dari ujian tulis. Ini jalurnya menggunakan sistem IT yakni komputer.

"Kalau untuk cetak sudah seatle namun negara mempercayakan panita pusat seleksi SBNMPTN menyesuaikan abad 22 yakni abad IT," urainya.

Pemanfaatan IT, kata Prof Djoko, sebenarnya mempunyai dua sisi antara nilai yang sudah langsung bisa diketahui dan dark serangkaian test yang sudah dilakukan. Dan panitia harus mempersiapkan sematang mungkin dalam menunaikan tes tersebut.

"Karena pengalaman kita tahun lalu sudah melaksanakan SBMTPN UTBK, kita yakin pada pelaksanaan kedua ini, teknis mulai kelistrikan, proses jaringan internet dan perangkat server serta kebersihan di panitia kami bisa dikatakan berpengalaman," terangnya.

Pendaftaran SBMPTN model UTBK mulai dibuka hari ini, Rabu, 18 April 2018. Pendaftaran akan dibuka hingga 27 April 2018. "Pendaftaran online UTBK akan ditutup bila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi," tandasnya.

 

Reporter: Fahrizal Tito

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter