Kreasi Mahasiswa Ubaya, Bikin Peta Indonesia dari Tutup Botol Bekas

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Mahasiswa Ubaya saat membuat peta Indonesia dari botol bekas.

jatimnow.com - Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) dari unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) membuat kreasi ribuan tutup botol menjadi mahakarya peta Indonesia.

Ratusan ribu botol bekas penuhi peta Indonesia, Mahakarya tersebut guna menyambut Hari Bumi Sedunia pada tanggal 22 April 2018.

Mahakarya sebesar 12 m x 7 m ini diwarnai menggunakan beragam warna tutup botol bekas, di dalamnya terdapat tulisan Indonesia dan Aku Bangga Lahir di Sini.

"Kita membuat karya ini ada runtutannya, ini sebuah rangkaian dimana awalnya mempunyai agenda besar yaitu Ubaya Islamic Festival (UIF).  Jadi, kita di sini membuat karya berbentuk pulau nusantara yang di atasnya kita tulisi Indonesia aku bangga lahir di sini dengan media tutup botol bekas," ujar Dicky Adha Aruna Jaya Koordinator Mahakarya.

Dicky menceritakan, tutup botol ini dikumpulkan mulai bulan Januari, tutup-tutup botol ini mereka kumpulkan di lingkungan sekitar Ubaya, taman, dan saat CFD.

"Warna tutup botol yang akan digunakan beragam seperti warna putih, merah, dan orange," kata dia.

Dicky menjelaskan kegiatan ini juga agar menanamkan jiwa nasionalisme seluruh Mahasiswa terutama mahasiswa Ubaya atau masyarakat Indonesia. Menyebarkan kepada masyarakat betaapa pentingnya menjaga lestari lingkungan dengan memanfaatkan sampah untuk hal yang bermanfaat.

"Kita ingin memunculkan rasa peduli, Ubaya juga dinyatakan sebagai green campus itu juga akan memotivasi para mahasiswa untuk menjaga kebersihan di kampus. Dengan menggunakan media tutup botol sebagai peta Indonesia yang bertepatan dengan Hari bumi sedunia mengingatkan kepada masyarakat Ubaya bahwa sampa bisa diolah dan bernilai serta sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan kreatifitasnya untuk berkarya," lanjutnya.

Karya ini akan menghiasi lapangan parkir Ubaya selama sepekan menjadi simbol saat peringatan Hari Bumi Sedunia.

"Nanti akan dipajang selama 3 hari setelah Hari Bumi Sedunia, Bekas botol nantinya akan disumbangkan ke UMKM yang bergerak di bidang ekonomi kreatif menggunakan bahan dasar plastik. Harapannya sampah ini dapat termanfaatkan dengan baik di bumi Indonesia tetap terjaga," tutup Lukmannul Hakim Humas UIF UKKI 2018.

 

Reporter: Arry Saputra

Editor: Arif Ardianto

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter