jatimnow.com
Ini Manfaat Minum Kopi bagi Jantung

dr Artono Isharanto, Sp B-TKV paparkan manfaat kopi

jatimnow.com - Kopi memiliki efek dan juga manfaat bagi tubuh. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat memberikan efek meningkatkan aktifitas dalam tubuh termasuk denyut jantung.

"Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan denyut jantung yang secara otomatis meningkatkan tekanan darah," kata dr Artono Isharanto, Sp B-TKV saat Knowledge Sharing Membongkar Mitos Seputar Kopi dari Sisi Kesehatan Kardiovaskular di Kroesel House of Coffee, Sabtu (24/8).

Dengan meningkatnya denyut jantung maka penikmat kopi memperoleh manfaat dengan semakin derasnya aliran darah di dalam tubuh yang membuat mood naik dan tubuh menjadi segar.

Selain itu, kopi juga dapat menurunkan berat badan dan membuat penikmat menjadi lebih fokus. Untuk sisi kesehatan, ia menjelaskan jika peminum kopi dapat mengakibatkan seseorang mempunyai kebiasan sering ke toilet untuk buang air kecil.

"Kafein di dalam tubuh mengakibatkan diuresis karena dengan denyut nadi yang tinggi mengalirkan darah ke ginjal lebih deras. Sehingga produksi air kecing lebih tinggi," ujarnya.

Proses tersebut akan menolong seseorang bila mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang perlu dibuang lewat urine maka lebih cepat akan terbuang.

"Dalam konsumsi obat yang perlu dibuang lewat urine, minum kopi menolong. Sebab obat tersebut bisa langsung cepat terbuang. Bila seseorang mempunyai masalah dengan jantung, maka sebaiknya ditunda dulu atau dosisinya diperkecil atau diencerkan," jelasnya.

"Kopi akan berefek signifikan bagi kerja jantung jika kafein dalam kopi yang dikonsumsi sebesar 300 miligram. Padahal dalam 8 oz kopi mengandung 50 sampai 135 miligram kafein atau setara 230 mililiter kopi," tambahnya.

Dirganto owner Kroesel mengatakan berdasarkan pengalamannya, jika minum kopi tawar dan asli membuat tidak gampang lapar. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan dokter Artono jika kopi dapat menurunkan berat badan.

"Jadi tidak benar jika konsumsi kopi dapat membuat seseorang obesitas. Yang penting kopinya harus asli dan tawar," katanya.

Loading...

 

Berita Terkait