Sambut Dubes Inggris, Risma Ajak Anak-anak yang Belajar di Liverpool

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

- Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sambut Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins

jatimnow.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bersama anak-anak yang pernah belajar di Liverpool menyambut Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, Selasa (27/8/2019).

Kunjungan ini merupakan kali pertama usai ia resmi dilantik menggantikan Dubes Inggris sebelumnya, Moazzam Malik.

Owen mengaku jika kunjungan pertamanya ke Surabaya dengan alasan Kota Pahlawan memiliki hubungan yang dekat dengan Inggris. Menurut dia, Surabaya merupakan sister city dari salah satu kota di Inggris yaitu Liverpool.

"Pagi ini saya berbincang dengan Bu Risma tentang hubungan sister city yang sangat luar biasa antara Surabaya dan Liverpool mulai edukasi, infrastruktur, dan orang-orang luar biasa yang kita saksikan pagi ini," ujar Owen.

Dalam pertemuan itu, Owen disuguhkan penampilan dari paduan suara anak-anak disabilitas yang sempat belajar di St Vincent's School Liverpool.

Salah satu anak tunanetra bernama Ibam menyajikan nyanyian secara solo sambil bermain keyboard. Ia menyanyikan lagu "The Power of Love". Owen pun terkesan dan mengapresiasi penampilan Ibam.

"Terima kasih. Luar biasa. Kamu punya bakat luar biasa," tutur Owen setengah berbisik kepada Ibam di atas panggung.

Risma juga mengundang anak-anak Surabaya yang sempat mengikuti kursus singkat tentang sepak bola di stadion Transmerre Rovers FC bersama Rovers FC selama 6 minggu. Owen pun terkesan dan ingin menjalin kerja sama di bidang yang lebih banyak lagi bersama Surabaya.

"Edukasi, olahraga, bisnis, hubungan kemanusiaan, dan banyak lagi," lanjutnya.

Risma mengaku senang Surabaya menjadi tempat pertama yang dikunjungi oleh Dubes Inggris. Ia mengatakan bahwa hubungan sister city nya dengan Liverpool terjalin dengan baik. Pertemuannya dengan Owen saat ini masih membahas hal-hal umum dan belum ada kerja sama baru untuk ke depannya.

"Beliau kan baru. Lalu pengin ketemu anak-anak itu jadi saya pertemukan. Belum ada sesuatu yang khusus," ujar Risma.

Ia juga menambahkan bahwa ke depannya ingin menjalin hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia, terutama dengan Surabaya. Sebab, Surabaya sangat konsen dalam keberlangsungan lingkungannya.

"Surabaya ini memiliki reputasi yang sangat tinggi dalam hal lingkungan. Karenanya, ke depan mungkin bisa saling bekerjasama dalam bidang infrastruktur, transportasi umum, pendidikan dan beberapa bidang lain," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter