Peringati Hari Kartini, Begini Dandanan Petugas Kesehatan di Ponorogo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Petugas kesehatan saat memakai kebaya sambil mensosialisasikan IVA gratis.

jatimnow.com - Ada yang berbeda dengan peringatan Hari Kartini di Puskesmas Bungkal, Jumat (20/4/2018). Puluhan petugas memakai pakaian kebaya seperti mau kondangan.

Bahkan, dengan ribetnya kebaya, puluhan petugas itu juga melakukan sosialisasi tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) gratis kepada para perempuan terutama ibu-ibu.

Dengan telaten, beberapa petugas baik bidan maupun perawat memberikan penyuluhan warga yang kebetulan datang ke Puskesmas Bungkal. Mereka juga menjelaskan bahwa Kanker Serviks merupakan penyakit mematikan nomor 5 di Indonesia.

"Jadi, diteksi dini kanker serviks itu penting. Sebenarnya bagi yang sudah menikah wajib periksa setiap 6 bulan sekali," kata Bidan Puskesmas Bungkal, Dewi Aisyah.

Ia mengatakan, momentum seperti Hari Kartini ini digunakan untuk menggratiskan pemeriksaan kanker serviks. Agar nantinya memancing warga memeriksa walaupun berbayar.

Salah satu warga Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Marsiyem mengatakan dirinya memang sengaja mengikuti tes IVA di Puskesmas Bungkal.

“Dengan adanya pemeriksaan seperti ini kan bisa tahu sedini mungkin penyakit yang ada di dalam tubuh kita,” tutur Marsiyem.

Menurut Marsiyem, ia sudah rutin mengikuti pemeriksaan IVA ini setiap tahun di Puskesmas. “Saya sudah dua kali ini periksa, tahun kemarin juga. Untungnya saya baik-baik saja,” terang dia.

 

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter