Keren! Surabaya akan Memiliki Transportasi Sungai

Editor: Redaksi / Reporter: Budi Sugiharto

Contoh shalter di Darmo Kali/@dishubsurabaya

jatimnow.com - Pemerintah Kota Surabaya tak lelah terus berinovasi. Giliran kali ini, angkutan sungai akan dikembangkan di Kota Pahlawan. Asyiikk....

Rencana tersebut terungkap dari akun resmi milik Dinas Perhubungan Surabaya yaitu @dishubsurabaya. Akun itu mengunggah video animasi transportasi yang membelah Sungai Kalimas pada Selasa (3/9/2019) malam.

Sontak laman medsos dinas yang dipimpin Irvan Wahyu Drajad itu langsung ditonton lebih 10 ribu netizen. Beragam komentar juga mengalir merespon vieo berdurasi 3.29 menit itu.

"Mantab sekali, masih menunggu realisasi trem juga min. Progressnya sampai mana?" tanya @hendrik_eka_prastya.

Akun @az_wrnm melontarkan dukungam kepada kembalinnya kejayaan transportasi masa lalu yang menggunakan jalur sungai.

"Kembali jaman dahulu transportasi sungai, maju terus Suroboyo," tulisnya.

Di dalam unggahannya berjudul 'PENGEMBANGAN ANGKUTAN SUNGAI DI SURABAYA', juga dijelaskan rencana pengembangan angkutan transportasi sungai.

"Dalam hal transportasi, ke depan akan ada pengembangan angkutan
sungai, di mana angkutan sungai dapat dimanfaatkan sebagai alternatif transportasi bagi masyarakat Kota Surabaya dan dapat membantu untuk mengurangi kemacetan.

Selain untuk angkutan orang sungai juga dapat dimanfaatkan untuk angkutan barang. Dalam menata transportasi air yang perlu diperhatikan adalah, kemungkinan dilakukan intermoda dan atau mulimoda; jenis angkutan barang atau penumpang.

Berikut merupakan rute kalimas intermoda dari Joyoboyo (titik Darmokali) sampai ujung Surabaya. Selain itu yang dapat dikembangkan untuk multimoda terdapat beberapa titik yaitu:

1. Titik Darmokali;
2. Titik petekan;
3. Titik Sikatan;
4. Titik Ngagel;
5. Titik Pasar Besar


Kita tunggu...


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter