Upacara Peringatan Hari Jadi ke 660 Kota Probolinggo Gunakan 6 Bahasa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke 660 Kota Probolinggo

jatimnow.com - Keberagaman atau multi etnis diaplikasikan dalam Upacara Peringatan Hari Jadi ke 660 Kota Probolinggo, Rabu (4/9/2019). Upacara itu menyajikan beragam baju adat dan menggunakan enam bahasa yang sudah familiar di kota ini.

Enam bahasa yang dipakai dalam upacara tersebut yaitu Bahasa Indonesia, Jawa, Madura, China, Arab dan Inggris. Bahasa itu diaplikasikan seusai dengan suku yang ada Kota Probolinggo yang dikenal dengan nama warga pendalungan. Sebab di kota ini, terdapat beberapa suku dan etnis mulai dari Jawa, Madura, Arab hingga Tionghoa.

"Ini menggambarkan kehidupan Kota Probolinggo yang multi etnis, tapi kehidupan di daerah ini tetap aman dan damai," kata Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Para peserta upacara peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo tahun 2019Para peserta upacara peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo tahun 2019

Etnis Arab dan Tionghoa yang terbilang minoritas di Kota Probolinggo, justru menjadi sumber kekuatan untuk membangun kemajuan secara bersama-sama.

"Keberagaman ini jutru kita jadikan sebuah kemajuan Kota Probolinggo lebih baik. Maka kami kemas upacara ini dengan beragam pakaian adat serta menggunakan enam bahasa," terangnya.

Terlepas itu, Wali Kota Hadi tengah fokus menjalankan programnya di bidang pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya.

"Kami berkeinginan membangun Kota Probolinggo bersama rakyat, demi kemajuan daerah yang lebih baik," tegasnya.

Atraksi dari anggota TNI yang berdinas di Kodim setempat setelah upacaraAtraksi dari anggota TNI yang berdinas di Kodim setempat setelah upacara

Dalam upacara tersebut, tampak hadir KabagOps Polres Probolinggo Kota AKP Hermawan, Dandim 0820 Letkol Kav Inf Imam Wibowo serta sejumlah anggota DPRD dan OPD Kota Probolinggo.

Usai upacara berakhir, ditampilkan atraksi dari anggota TNI yang berdinas di Kodim 0820 Probolinggo dan dilanjutkan dengan pembagian nasi kota kepada tukang becak dan pengguna jalan di depan Kantor Walikota Probolinggo, Jalan Panglima Sudirman.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter