Polisi Gadungan Beraksi di Pasuruan, Tipu Pengurusan Sertifikat Tanah

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

Pelaku ditangkap Polsek Grati

jatimnow.com - Unit Reskrim Polsek Grati, Polres Pasuruan Kota membekuk polisi gadungan yang mengaku bisa mempermudah pengurusan sertifikat tanah untuk menipu korbannya.

Dari catatan kepolisian, pelaku residivis kasus penipuan ini adalah Hendra Franata (27), warga Jalan Pandean, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

Hendra sendiri diketahui baru 18 bulan yang lalu bebas dari penjara atas hukuman kasus penggelapan motor Kawasaki Ninja.

"Modusnya tersangka ini menawarkan jasa pengurusan sertifikat tanah ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pasuruan. Korban diminta membayar dengan alasan sebagai biaya administrasi," kata Kapolsek Grati, AKP Suyitno, Rabu (4/9) malam.

Dari hasil penyelidikan, diketahui tersangka berhasil mengumpulkan keuntungan dari korban sebesar Rp 75 juta.

Aksi penipuan tersangka terbongkar setelah berselang 1 tahun saat salah satu korbannya mengecek status sertifikat tanahnya di BPN. Diketahui tidak ada sertifikat atas nama korban yang diurus oleh pelaku.

Belakangan diketahui, sertifikat korban salah satunya milik M Imron warga Kambingan Rejo, Kecamatan Grati, malah digadaikan kepada seseorang senilai Rp 25 juta.

"Mendapati laporan dan bukti itu, kami langsung melakukan penyelidikan. Dan berhasil menangkap tersangka di lokasi persembunyian di Wonomerto, Kabupaten Probolinggo," ujarnya.

Dari beberapa saksi yang diperiksa, tersangka mengaku sebagai anggota polisi untuk melakukan penipuan yang membuat korban terperdaya.

"Kami meminta kepada siapa saja yang merasa ditipu oleh tersangka, segera melaporkan ke kami," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter