Jalur Lingkar Wilis akan Menghubungkan Enam Kabupaten di Jatim

Kepala DPU-PR Ponorogo Jamus Kunto bicara tentang Jalur Lingkar Wilis di Jatim

jatimnow.com - Jalur Lingkar Wilis yang akan dibangun bakal menghubungkan enam kabupaten di Jawa Timur, mulai dari Kabupaten Nganjuk, Ponorogo, Kabupaten Madiun, Tulungagung, Trenggalek dan Kediri.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Ponorogo tengah mendata wilayah yang dilintasi Jalur Lingkar Wilis. Dari pendataan itu, wilayah Ponorogo yang dilintasi yaitu Toyomarto, Gondowido, Kesugihan, Pulung, Suru, Ngadirojo, Masaran (Trenggalek).

Loading...

"Sudah ada embrio jalannya, jadi tidak semua jalan baru. Beberapa hanya memerlukan pelebaran," tutur Kepala DPU-PR Ponorogo, Jamus Kunto, Jumat (6/9/2019).

Jamus menjelaskan, proyek Jalur Lingkar Wilis ini merupakan proyek pusat yang sudah menjadi atensi Presiden Joko Widodo, melalui Pemprov Jatim. Ponorogo sebagai salah satu kabupaten yang dilintasi akan melakukan penyesuaian.

"Dana dan maket langsung dari pusat, kalau kami hanya sesuai tupoksi di daerah saja," jelasnya.

Proyek ini pun disambut antusias enam daerah yang dilintasi. Sebab Jalur Lingkar Wilis bakal bisa meningkatkan investasi maupun transportasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, potensi perkebunan dan pertanian bisa lebih cepat terdistribusikan. Begitu pula dengan potensi wisata yang dilintasi jalur tersebut.

"Kita menunggu petunjuk dari provinsi dan pusat. Kalau kita sesuai kaidah dan aturan, sesuai spesifikasi saja. Tapi, saat ini kita bangun jalan di Kesugihan (Ngebel). Tahun 2020 nanti, Toyomarto juga di hotmix," tambahnya.

Berita Terkait