Operasi Patuh Semeru di Blitar, Pelajar Dominasi Pelanggar Lalu Lintas

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: CF Glorian

Operasi Patuh Semeru di Kota Blitar

jatimnow.com - Pelanggaran lalu lintas di Kota Blitar didominasi oleh pelajar di bawah umur.

Berdasarkan rekap data Operasi Patuh Semeru 2019 pada hari ke dua belas, dari total 1.774 pelanggar, tercatat 1.544 berasal dari pelanggaran kendaraan roda dua.

Dari jumlah itu, 70 persennya atau 1.081 pelanggar merupakan pengendara di bawah umur yang terjaring Satlantas Polres Blitar Kota.

"Tujuh puluh persen dari yang ditilang adalah pengendara di bawah umur. Rata-rata yang terjaring anak usia SMP dan SMA," kata Kasatlantas Polres Blitar Kota, AKP Haris Darma Sucipto, Senin (9/9/2019).

Posisi terbanyak kedua ialah pelanggaran dimensi oleh truk besar dengan 88 pelanggar disusul mobil barang atau pick up 56 pelanggar. Termasuk pelanggaran bus dan mikrolet dengan jumlah pelanggaran masing-masing 38 dan 37 kasus.

Haris meminta kepada para orang tua untuk melarang anaknya yang masih berusia dibawah umur mengendarai sepeda motor.

Para orang tua dihimbau untuk meluangkan waktu mengantar anaknya ke sekolah daripada membiarkan mengendarai sepeda motor.

"Apalagi usia anak SMP ini emosinya masih labil. Sehingga ini yang sering kali memicu terjadinya kecelakaan melibatkan anak. Mari kita sebagai orang tua peduli terhadap keselamatan anak. Kalau sibuk kerja, pagi bisa barengan sambil berangkat kerja sembari mengantar anak," pintanya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter