Yukk, Mengenal Komunitas Vlogger di Blitar

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Komunitas vlogger di Blitar

jatimnow.com - Youtuber merupakan istilah bagi warganet yang eksis mengisi konten di akun sosial media YouTube melalui video log atau vlog yang disimpan di masing-masing channel.
 
Mulai dari masyarakat kelas bawah hingga sekelas Presiden Indonesia Joko Widodo, juga rutin ngevlog (istilah membuat video log) untuk di upload ke YouTube, agar disaksikan oleh jutaan warganet.
 
Hal yang sama juga dilakukan oleh komunitas vlogger di Blitar Raya. Mereka yang sering ngevlog, kemudian berkumpul dan membentuk komunitas dengan nama YouTubers Blitar.
 
"Saya sebenarnya sudah sejak lama pengen bentuk komunitas ini. Ngumpulin para YouTuber Blitar. Komunitas ini baru terbentuk belum lama. Baru awal tahun 2018 ini," kata Ketua Komunitas YouTubers Blitar, Hendra Supriyono, Sabtu (21/04/2018).
 
Hendra yang kini kuliah di salah satu universitas swasta di Blitar, mengaku baru mengenal YouTube pada tahun 2012 ketika bekerja di Sidoarjo.
 
Begitu mengenal, perlahan ia mulai mencoba membuat konten yang dia simpan di Channel pribadinya.
 
Hingga suatu ketika, ia baru menyadari bila konten yang diunggahnya bisa menghasilkan rupiah. Menurutnya untuk dapat menghasilkan nominal saat mengunggah video tidak bisa sembarangan.
 
Dibutuhkan pengetahuan yang luas dan jeli soal konten apa saja yang disukai warganet. Bahkan, saking ramainya, ia pernah mendapat keuntungan Rp 13 juta rupiah kala meng-upload konten gaming.
 
"Sekarang yang lagi hits itu konten gaming dan prank (jebakan jahil). Aturan sekarang minimal 4000 jam penayangan dan 1000 subscriber. Itu baru bisa dapat iklan. Per 1000 itu 1 Dollar Amerika. Kalau dulu dihitung viewernya saja, tapi sekarang sudah beda,” terang pemuda 24 tahun yang tinggal di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar tersebut.
 
Hingga kini, sebanyak 500 akun berlangganan channel YouTube miliknya. Sedangkan untuk komunitas YouTubers Blitar berkumpul setiap bulan sekali.
 
"Kita kumpul sambil berbagi informasi, inovasi, maupun mencari solusi bila temen-temen punya kendala pas nge-vlog," pungkasnya pemilik channel SPY tersebut.
 
Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter