Tiga Hektar Lahan di Lereng Gunung Lawu Terbakar

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Anggota BPBD Magetan dan Polhut memadamkan api yang membakar lahan di Lereng Gunung Lawu

jatimnow.com - Sekitar tiga hektar lahan di Gunung Lawu terbakar, hingga Sabtu (14/9/2019). Lahan yang terbakar itu berada di sisi timur, masuk wilayah Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan.

Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan Fery Yoga Saputra mengatakan, kebakaran itu dilaporkan terjadi mulai Jumat (13/9/2019).

Menurut Ferry, setelah mendapat laporan tersebut, sejumlah anggota BPBD Magetan bersama Polisi Perhutani (Polhut) melakukan pengecekan. Dari hasil pengecekan, titik kebakaran berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya pada area jalur pendakian.

"Dari pengakuan warga setempat kebakaran disebabkan tumpukan jerami yang biasa dipakai para pencari madu," ungkap Ferry.

Sebelum kebakaran, warga tersebut mengaku melihat para pencari madu tawon. Dimungkinkan, para pencari madu itu membakar jerami di lokasi dan setelah selesai, jerami itu ditinggal tanpa dimatikan.

Ferry membeberkan, api merembet dan membakar lahan hutan pinus yang berada di lereng Gunung Lawu yang berada di sisi timur. Lahan yang terbakar terdapat sekitar tiga hektar lebih.

Upaya pemadaman telah dilakukan anggota BPBD Magetan, polhut dan warga sekitar secara manual. Dia mengimbau warga tidak membuat perapian. Jika memang ingin membakar sampah atau jerami, diperbolehkan asal diawasi dan tidak ditinggal.

"Sebab saat ini masih musim kemarau, angin juga kencang," tuturnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter