Bantu Surya Nuswantara, Surabaya Tunjukkan Persaudaraan dengan Papua

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

20 warga Papua dibantu Pemkot Surabaya

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membantu 20 orang warga Papua saat terlantar tidak kebagian tiket kapal menuju kampung halamannya.

Keberadaan warga Papua dari yayasan Surya Nuswantara dibantu oleh Ikatan Keluarga Besar Papua di Surabaya (IKBPS).

Bantuan diberikan setelah Wali Kota Risma yang sedang kunjungan kerja ke Korea Selatan memerintahkan Ketua IKBPS, Pieter Frans Rumaseb membantu saudaranya yang tidak mendapat tiket dan terpaksa tidur di Pelabuhan Gapura Surya, Senin (30/9).

"Setelah komunikasi dengan pihak Pelni, mereka baru mendapatkan tiket kapal pada tanggal 2. Nah, sambil menunggu keberangkatan itu, mereka menginap di terminal Gapura Surya Nusantara. Setelah mendengar informasi itu, saya selaku Ketua IKBPS langsung datang ke sana dan membawa mereka menginap di hotel ini," ujar Pieter.

Menurutnya, ke 20 warga Papua sedang pulang dari acara di Solo. Namun, ketika transit di Terminal Gapura Surya Nusantara, Surabaya, mereka tidak mendapatkan tiket pulang ke Jayapura. Beruntung Wali Kota Risma mendengar kabar ini, dan memerintahkan jajaran Pemkot Surabaya bertindak.

"Bu Wali sudah memerintahkan saya untuk perhatikan saudara-saudara kita yang sekarang menginap di hotel ini," terangnya.

Ke 20 warga Papua semua akomodasinya dibantu oleh Pemkot Surabaya, terutama oleh keluarga besar IKBPS. Mereka juga diajak untuk tour Kota Surabaya.

Ia juga berharap, dengan tour itu bisa sedikit membantu keresahan mereka, sehingga nanti ketika pulang ke kampungnya masing-masing punya cerita dan pengalaman selama berada di Surabaya.

"Jadi, pemkot dan pemprov selaku representasi dari negara, hadir di tengah-tengah mereka. Kami bantu mereka karena kita bersaudara, sesama anak bangsa Indonesia," ungkapnya.

Pieter juga memastikan bahwa bantuan ini sebagai salah satu bukti bahwa warga Kota Surabaya dengan Papua itu bersaudara. Persaudaraan itu pun sangat erat.

"Saya selalu sampaikan bahwa pelangi itu indah karena terdiri dari berbagai warna, makanya ketika salah satu warna tidak muncul, maka pelangi itu tidak akan indah lagi. Begitu pula dengan Bhinneka Tunggal Ika kita," ucapnya.

Koordinator Rombongan Papua dari Yayasan Surya Nuswantara, Mardiono mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan berbagai fasilitas ini. Bahkan, ia bersama rombongan lainnya tidak pernah menyangka akan mendapatkan perhatian sebesar itu.

"Perhatian dan respon Pemkot Surabaya ini sangat luar biasa, kami tidak pernah menyangka sampai seperti ini. Kami sangat dihargai di sini. Bahkan, ada yang sakit langsung dibantu dengan sangat cepat," katanya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter