Gunung Lawu Juga Bertopi Awan, Cantik!

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Foto Gunung Lawu tertutup awan seperti topi

jatimnow.com - Fenomena alam yang cantik selain di Gunung Arjuno dan Welirang juga terlihat di Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Kamis (3/9/2019).

Foto keindahan Gunung Lawu beredar luas di media sosial (medsos) baik facebook maupun WhatsApp.

Baca juga: Woiii! Indahnya Gunung Arjuno dan Welirang Berselimut Awan

"Memang kejadiannya tadi pagi sekitar pukul 05.00 Wib sampai siang sekitar pukul 10.00 Wib ini," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Ferry Yoga Saputra

Dia mengatakan fenomena alam itu sebenarnya biasa dan terjadi karena penumpukan awan dan angin yang bertemu dari arah selatan dan utara.

Menurutnya, fenomena alam tidak hanya terjadi di musim kemarau tetapi juga bisa terjadi di musim penghujan. Dia mengaku kondisi seperti ini dipengaruhi arah angin.

"Tidak satu musim saja karena kondisi seperti ini dipengaruhi arah angin," tegasnya.

Dia menceritakan arah angin itu kemudian membuat awan berkumpul di salah satu titik dan membentuk pola seperti topi atau payung.

Arrizal Rahman, Prakirawan BMKG Maritim Surabaya membenarkan fenomena alam tersebut tidak asing bagi dunia meteorologi atau cuaca.

Ia menjelaskan jika awan sendiri memiliki tiga jenis yaitu jenis awan menengah, rendah dan tinggi.

"Yang terjadi hari ini termasuk menengah yang memiliki nama lenticularis atau disebut altocomulus lenticularis. Biasanya ada agin bersifat lokal di kawasan tersebut. Karena suhu lembab awan kemudian naik ke udara atau ke puncak. Kenapa bertopi karena angin menuju ke atas puncak gunung," jelasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter