jatimnow.com
Waspada! Ini Modus Baru Pencurian Mobil di Jawa Timur

Zulkifli (kanan), pelaku pencurian mobil dengan modus baru saat ditangkap Tim Jatanras Polda Jatim

jatimnow.com - Modus baru pencurian mobil di Jawa Timur dibongkar Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim. Pelaku asal Tabanan, Bali ditangkap bersama sebuah mobil yang dicurinya.

Kasubdit Jatanras Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela menjelaskan, pencurian mobil dengan modus baru itu terbongkar setelah timnya mendapat laporan dari salah satu mobil di Banyuwangi. Pelaku ke Banyuwangi dengan menyaru sebagai wisatawan dan menyewa satu unit mobil pada akhir September 2019.

Pelaku bernama Zulkifli (32), warga asal Perum Andika Graha Blok B Nomor 8, Kelurahan Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

"Awalnya, pelaku menyewa satu unit mobil dan memasang GPS baru pada mobil itu. Pelaku juga menduplikasi (menggandakan) kunci dan remote kendaraan," terang Leonard, Jumat (4/10/2019).

Setelah mobil dikembalikan kepada pemiliknya, pelaku memantau pergerakan mobil yang disasarnya itu melalui GPS. Setelah mobil itu terparkir, pelaku mendekati mobil itu. Ketika kondisi sepi, pelaku langsung mencuri mobil itu dengan kunci duplikat dan remote yang sudah disiapkan sebelumnya.

"GPS yang dipasang pelaku pada mobil yang disewanya itu terkoneksi dengan handphone-nya. Sehingga pelaku sewaktu-waktu bisa melacak posisi mobil yang diincarnya," beber Alumnus AKPOL tahun 2000 ini.

Mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya ini menambahkan, sebelum menempelkan GPS baru, pelaku terlebih dahulu melepas GPS yang dipasang korban. Sehingga GPS yang dipasang korban tidak aktif dan membuat keberadaan mobil sulit terlacak. Dari itu, korban melapor ke polisi.

"Mobil yang dicuri pelaku itu kemudian ditawarkan ke seseorang di Malang," tutur Leonard.

Setelah mendapat pembeli, pelaku kemudian menuju ke Malang mengemudikan mobil itu. Namun, Tim Jatanras Polda Jatim yang sudah melakukan penyelidikan sebelumnya, sudah menghadang pelaku di Malang.

"Kami tangkap pelaku di Malang bersama mobil yang dicurinya, sebelum sampai ke tempat pembeli," tambahnya.

Loading...

Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku sudah mencuri tiga mobil dengan modus yang sama. Dua berhasil terjual, satu mobil gagal terjual setelah pelaku ditangkap.

"Pelaku ini beraksi sendirian dan pengakuannya baru tiga kali," tandas Leonard.

Berita Terkait