Heboh Hujan Es di Probolinggo, Ini Penjelasan BPBD

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Hujan es di Probolinggo

jatimnow.com - Foto hujan es yang terjadi di Probolinggo dan dibagikan di media sosial (medsos) menjadi viral dan perbincangan warganet.

Foto yang diunggah dalam akun facebook atas nama Nur Hamzah di grup liputan D6 (Tiris- Krucil- Maron) dengan status yang bertuliskan sempat terjadi hujan es pada Sabtu (5/9/2019) di Desa Krobungan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Dalam foto postingan itu terlihat butiran es yang berhamburan di atas rumput usai turun hujan. Dalam postingan tersebut banyak puluhan komentar dari warganet.

Supaidi, salah satu warga mengatakan dirinya memang sempat melihat foto hujan es yang terjadi di Probolinggo.

"Saya tahunya baru kali ini ada hujan es terjadi di Probolinggo. Semoga tidak sampai terjadi apa-apa," ujarnya, Selasa (8/10/2019).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Supri Yoga membenarkan jika sempat terjadi hujan es di wilayahnya.

Menurutnya, kejadian tersebut merupakan fenomena atau keadaan alamiah akibat adanya perubahan uap air atau benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun (kondensasi).

"Kondensasi terjadi di dalam awan cumulonimbus yang melewati batas pendinginan di atmosfer pada lapisan di batas level beku dan terbentuklah kristal es," jelasnya.

Menurutnya, hujan es terjadi ketika hujan lebat, angin kencang disertai dengan terjadinya petir.

"Biasanya ini terjadi di masa peralihan musim kemarau ke penghujan. Diharapkan masyarakat tidak panik dengan situasi ini dan tetap melakukan aktivitas seperti biasanya," ujarnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter