Rampas HP dan Aniaya Pelajar di Blitar, Polisi Gadungan Dibekuk

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto membeberkan barang bukti kejahatan polisi gadungan yang ditangkap timnya

jatimnow.com - Seorang polisi gadungan bernama Andika Saputra (25) alias Colopok, warga Kelurahan Jingglong, Sutojayan, Kabupaten Blitar diborgol polisi, setelah terbukti menganiaya dan merampas handphone (HP) pelajar.

"Setelah mendapat laporan, Tim Satreskrim Polres Blitar kemudian melakukan penyelidikan hingga berhasil menangkap yang bersangkutan (polisi gadungan) di Palangkaraya," kata Kapolres Blitar, AKBP Budi Hermanto, Kamis (10/10/2019).

Budi menjelaskan, dalam aksinya, tersangka Colopok mengaku sebagai anggota polisi sedang mencari pelaku atas sebuah kasus pembunuhan. Saat mendapat sasaran, ia berpura-pura meminjam HP korban untuk menghubungi seseorang.

Karena takut jika disebut sebagai bagian dari pelaku pembunuhan, korban terpaksa memberikan HP dan barang berharga miliknya yang diminta tersangka. Setelah menguasai HP korban, tersangka kemudian pergi ke Palangkaraya. Namun sebelum sampai di tempat tujuan, tersangka dibekuk di Bandara Cjilik Riwuk, Palangkaraya.

"Kami jerat dengan pasal 368 KUHP ayat 1. Bagi masyarakat yang merasa menjadi korban, silahkan melapor ke kami," ungkap mantan Kapolres Batu ini.

Sementara itu, di hadapan awak media, Colopok mengaku sudah pernah dipenjara atas kasus pencurian. Ia kemudian divonis penjara selama 7 bulan. Ia juga mengakui, usai merampas barang, ia sempat menganiaya korban.

"Saya mengaku sebagai polisi agar korban takut dan mau memberikan barangnya kepada saya," aku Colopok.

Dalam aksinya kali ini, Colopok mengaku terlebih dahulu menenggak minuman keras, sehingga sedikit mabuk.

"Saya awalnya mabuk di rumah kemudian saya jalan-jalan sendiri. Saya ndak ada niat awalnya. Karena saya mabuk, terus saya pukul anaknya," tambahnya.

Kini, Colopok dan dua barang bukti berupa sepeda motor Yamaha Vixion merah miliknya serta HP hasil rampasannya itu sudah diamankan di Mapolres Blitar.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter