16 Kali Curi Motor, 2 Residivis ini Diringkus di Banyuwangi

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman memamerkan barang bukti curanmor.

jatimnow.com - Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor jenis matic asal Jember di ringkus Reserse Mobil (Resmob) Polres Banyuwangi. Keduanya ditangkap saat menjalankan aksinya di Jalan MH Thamrin nomor 245, Kelurahan/Kecamatan Giri, Banyuwangi.

Dua pelaku itu adalah Kali (40) asal Kecamatan Bangsalsari, dan Sugeng Indro Purwanto warga Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Berdasarkan pengakuannya, kedua pelaku sudah beraksi di 16 TKP.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengatakan, kedua pelaku berhasil diamankan setelah gagal mencuri sepeda motor matic milik Dandy Bramanta di Jalan MH Thamrin. Keduanya gagal mengeluarkan Honda Vario dari garasinya yang diparkir di pinggir jalan.

"Saat pelaku mau membawa motor itu, korban mengetahui dari dalam garasi dan lari menuju sepedanya. Aksi dari pelaku pun gagal dan berhasil kabur pelakunya," kata AKBP Donny, di Mapolres Banyuwangi, Senin (23/4/2018).

Setelah kejadian itu, Dandy melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolsek Giri yang kemudian ditindaklanjuti oleh Resmob Polres Banyuwangi.

Akpol lulusan1997 ini juga memastikan tidak berselang lama setelah pelaporan itu, tim Resmob membekuk kedua pelaku di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi. Penangkapan itu berbekal ciri-ciri kedua pelaku dan patahan kunci T di motor Dandy,

Kedua tersangka dalam menjalankan aksinya, selalu menyasar motor yang tengah parkir di beberapa tempat, seperti perumahan dan permukiman warga atau di sekolahan. 

Sedang barang bukti yang diamankan, dua unit sepeda motor, 4 mata kunci dan 2 kunci leter T serta potongan mata kunci yang menancap di sepeda motor milik Dandy. 

Dua unit sepeda motor milik korban dan tersangka, potongan besi kunci T panjang 2 cm yang masih menancap di sepeda motor, dan 4 mata kunci bentuk T sebagai alat dalam melakukan pencurian sepeda motor

“Dari hasil pemeriksaan penyidik, mereka mengaku telah menjalankan aksinya di beberapa tempat, ada 16 TKP (tempat kejadian perkara). Keduanya juga residivis," terangnya.

Akibat kejadian ini, pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 item 4 dan 5 juncto pasal 53 ayat 1 KUHP.

 

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter