Angin Kencang Landa Tiga Desa di Kota Batu, Ribuan Warga Mengungsi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Petugas membantu warga untuk mengungsi dan mengamankan lokasi terdampak angin kencang

jatimnow.com - Ribuan warga yang berada di 3 desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, terpaksa mengungsi ke 5 tempat penampungan setelah angin kencang melanda rumah mereka pada Sabtu hingga Minggu (19-20/10/2019).

Baca juga: Angin Kencang Landa Tiga Desa di Kota Batu, Seorang Tewas

Dari data, tercatat ada 1216 warga yang mengungsi ke lima tempat penampungan yaitu Posko PB BPBD Kota Batu dengan 351 jiwa, di Rumas Dinas Walikota ada 122 jiwa, Balai Desa Punten dengan 530 jiwa, Balai Desa Tulungrejo ada 40 jiwa dan di SDN 1 Punten ada 173 jiwa.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan ribuan pengungsi tersebut ditempatkan hingga keadaan benar-benar aman.

"Kami berkoordinasi dengan Pemkot Batu untuk menyiapkan beberapa pos pengungsi lainnya," katanya, Senin (21/10/2019).

Direncanakan, tempat pengungsi akan berada di Balai Desa Sidomulyo, Kelurahan Sisir, GOR Ganesa, Balai Desa Sumbergondo dan Sekretariat PGRI.

Petugas gabungan juga membantu untuk mengurai kelancaran lalu lintas dengan memotong pohon roboh atau tumbang, tiang listrik yang roboh, rumah atau gudang yang atapnya terbang. Juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pendirian pos pelayanan kesehatan dan dapur umum.

"Untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan, jalur lalu lintas Kota Batu - Kabupaten Mojokerto via Cangar ditutup dan petugas gabungan akan mengamankan lokasi terdampak yang ditinggalkan.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter