Video Polisi Beri Makan dan Basuh Muka ODGJ di Jombang Viral di Medsos

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Video seorang polisi di Jombang berikan makan kepada ODGJ

jatimnow.com - Video polisi yang memberi makan, menyuapi dan membasuh muka orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) viral di media sosial (medsos) Facebook dan WhatsApp.

Video yang tersebar di medsos dengan durasi 01.13 detik itu memperlihatkan pria ODGJ sedang duduk dan kemudian didatangi oleh seorang polisi yang memberikan air mineral. Polisi tersebut juga terlihat membasuh muka ODGJ tersebut dengan handuk.

Mazzt Bass akun Facebook yang pertama kali mengupload video itu pada Jumat (25/10/2019) lalu. Polisi itu diketahui adalah Kanit Turjawali Satlantas Polres Jombang, Iptu Mulyani.

Peristiwa tersebut terjadi saat razia kendaraan bermotor pada saat pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Jombang.

"La ngene kan kethok seger, (kalau begini kan kelihatan segar) ora lusuh dan kumel, (tidak kotor dan kumel)," kata Iptu Mulyani di video.

Selain itu, mantan Kanit Regident Polres Mojokerto ini sempat melontarkan pertanyaan kepada ODGJ tersebut.

"Ngapo awakmu ngene iki (kenapa kamu begini) diputus pacar ta?," tanya Mulyani.

Spontan ODGJ itu menganggukkan kepala sontak hal itu membuat tertawa anggota Satlantas lainnya.

Warga net yang melihat video itu memberikan komentar yang positif dengan apa yang dilakukan Iptu Mulyani.

"Wah ini baru mengayomi, semoga bapak polisi yang selalu mengayomi masyarakat sehat selalu sekeluarga," tulis akun Imam Satrio Bimo.

Iptu Mulyani kepada jatimnow.com mengatakan tindakan yang dilakukan itu spontan karena tidak memandang derajat orang lain.

"Tiba-tiba saja saya menghampirinya dan memberikan nasi bungkus, air dan membersihkan wajahnya. Derajat manusia dihadapan Allah SWT itu sama dan tidak memandang siapa saja," katanya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter