Marak Korban Tewas karena Miras, Muhammadiyah Soroti ini

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Salah satu korban tewas akibat miras di Tambaksari, Surabaya

jatimnow.com - Korban tewas diduga akibat minuman keras (miras) oplosan di Kota Surabaya terus bertambah. 

Data yang dihimpun jatimnow.com, hingga Selasa (24/4/2018), jumlah warga yang tewas akibat miras tercatat 10 orang.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya Dr Kiai Mahsun Jayadi meminta peraturan daerah Kota Surabaya tentang minuman beralkohol (mihol) harus ditegakkan.

"Peristiwa tragis meninggalnya warga Surabaya akibat menenggak miras oplosan, telah menambah jumlah dan rentetan korban dari bahaya miras khususnya bagi warga Kota Surabaya," sorot Mahsun melalui rilis yang diterima jatimnow.com, Selasa (24/4/2018).

Kejadian banyaknya korban tewas diduga akibat miras oplosan kata dia, merupakan tamparan keras bagi elit di lingkungan Pemkot Surabaya.

"Saya merasa tertampar muka saya ini melihatnya. Dan ini semestinya menampar muka para elit dan pejabat di lingkungan pemerintah Kota Surabaya, maka dari itu harus ada langkah-langkah konkrit yang segera dilakukan," tegasnya.

Ada tiga langkah yang harus dilakukan Pemkot Surabaya dan pihak terkait.

"Pertama, Perda mihol yang (kalau tidak salah) dulu sudah digedok, harus segera diundangkan serta diawasi pelaksanaannya," katanya.

Kedua, Pemerintah harus tegas dalam mencegah terjadinya mafsadat (kerusakan) bagi salah satu penyakit sosial ini. 

"Mungkin dengan pelarangan mihol ada pihak yang merasa dirugikan. Tapi karena jelas daya rusak mihol sedemikian rupa, maka kami mohon pemerintah bertindak tegas," ujarnya.

Ketiga, meningkatkan kerjasama baik lewat lembaga pendidikan ataupun lembaga swadaya masyarakat, bersama aparat sampai tingkat RT untuk mendeseminasikan kampanye bahaya mihol. 

"Kami berharap  Kota Surabaya sebagai kota yang aman dan manusiawi serta bebas kriminalitas, minuman beralkhohol dan penyakit sosial lainnya," jelasnya.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter