Hutan Pinus di Sisi Timur Gunung Lawu Terbakar

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Hutan di sisi timur Gunung Lawu terbakar

jatimnow.com - Hutan di sisi timur Gunung Lawu, perbatasan Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, terbakar, Jumat (15/11/2019). Areal yang terbakar merupakan hutan pinus milik Perhutani.

"Tidak tahu kalau penyebabnya. Diketahui sekitar jam 08.30 Wib. Kepulan asap dari atas hutan pinus perbatasan antara Sukowidi dengan area Perhutani itu," kata Kepala Desa Sukowidi, Sutopo.

Sutopo menambahkan, dirinya bersama warga naik ke titik kebakaran untuk membantu memadamkan api. Warga membuat penyekat agar api tidak merembat ke perkebunana warga.

"Titik kebakaran dengan perkebunan warga, sekitar empat kilometer," tambahnya.

Kencangnya angin sempat membuat api membesar, sehingga kebakaran cepat meluas. Kebakaran itu bahkan meluas ke arah utara Gunung Lawu.

Sementara salah satu warga Sukowidi Supeno menyebut, ratusan warga membuat penyekat atau ilaran dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Kita buat ilaran dan memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti pakai gepyok," sambung Supeno.

Supeno menambahkan, kebakaran cepat merembet karena tebalnya rumput ilalang yang sudah mengering. Apalagi angin kencang menyapu ilalang yang terbakar itu ke arah utara.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter