Pilwali Surabaya 2020

Dahlan Iskan Dorong Eks Kapolda Jatim Teruskan Risma Pimpin Surabaya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin

jatimnow.com - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mendadak mendorong mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin sebagai Wali Kota Surabaya meneruskan Tri Rismaharini.

Kepemimpinan Tri Rismaharini akan berakhir di 2021, karena sudah dua periode menjabat Wali Kota Surabaya.

Dahlan Iskan memberikan sambutan di acara peresmian Cafe Hedon dan Excelso di Banyuwangi, pada Sabtu (23/11/2019) lalu.

Peresmian cafe terbesar di Jawa Timur ini dihadiri para tokoh seperti Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mantan Kapolda Jawa Timur yang juga eks Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin, dan banyak tokoh lainnya.

Video pendek berisi pidato Dahlan Iskan di Cafe Hedon dan Excelso di Banyuwangi itu beredar luas. Dahlan Iskan sempat menyinggung siapakah tokoh calon wali kota Surabaya yang bisa meneruskan kepemimpinan Tri Rismaharini.

Dahlan sempat menawari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Namun, Anas terbentur peraturan bahwa dirinya sudah dua kali periode memimpin Banyuwangi.

"Mau nggak Pak Anas nanti jadi Wali Kota Surabaya. Nggak bisa Pak, karena peraturan tidak membolehkan," ungkap Dahlan Iskan.

Ia pun mengaku sempat pusing mencari tokoh yang bisa meneruskan menjadi Wali Kota Surabaya setelah Tri Rismaharini.

"Saya pun pusing siapa yang mau meneruskan Surabaya ini," lanjut Dahlan Iskan dalam sambutannya.

Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin yang hadir di acara peresmian cafe tersebut kena 'tembak'.

Dahlan Iskan menyampaikan bahwa ada tokoh dari purnawirawan kepolisian yang kelahiran Surabaya, layak untuk menjadi Wali Kota Surabaya.

"Lalu saya tahu ada tokoh yang hadir di sini, tetapi saya rayu beliau belum mau juga mencalonkan diri," katanya.

Dahlan mengatakan, banyak yang meminta Machfud untuk maju di Pemilihan Wali Kota Surabaya pada 2020 nanti.

"Sudah banyak yang menginginkan beliau. Sudahlah, bapak kan putra Surabaya dan sudah banyak membuktikan dimanapun ditempatkan membawa kemajuan. Dan itu sudah ada track record tidak bisa dihapus," ujarnya.

"Sudahlah, bapak maju lah jadi Wali Kota Surabaya, tapi sampai hari ini belum mau," pintanya.

Dahlan Iskan pun mencari dukungan lainnya dari tamu undangan, khususnya alumnus akademi kepolisian angkatan 85, untuk ikut merayu Machfud (alumnus akademi kepolisian tahun 1985) menjadi Wali Kota Surabaya ke depan.

"Saya mohon nanti teman-teman angkatan 85 untuk ikut merayu. Kalau perlu, memaksa beliau. Karena sangat sayang sekali suatu daerah yang sudah sangat maju, kemudian mendapatkan pemimpin berikutnya yang tidak bisa membawa lebih maju lagi. Itu sangat menyedihkan. Dan apapun kepemimpinan itu memang sangat menentukan," tuturnya.

.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter