Indonesia Kalahkan Thailand 2-0 di Laga Perdana SEA Games

Editor: REPUBLIKA.co.id / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Thailand (foto: Antara)

jatimnow.com - Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia sukses menaklukkan Thailand pada laga perdana Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019).

Tim asuhan Indra Sjafri menang 2-0 atas Thailand melalui gol yang dicetak Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Gol cepat Egy Maulana Vikri pada menit ke-4 berhasil menjadi pembeda pada laga tersebut. Indonesia pun unggul 1-0 atas Thailand di babak pertama.

Di babak kedua, Indonesia berhasil memberikan ancaman di menit ke-55 saat Asnawi menembus lini pertahanan Thailand dari sisi kanan serangan.

Namun, sentuhan terakhir Asnawi hanya membentur mistar gawang Thailand. Gagal pada percobaan tersebut, semenit kemudian Asnawi kembali mendapat peluang emas dengan skema serupa. Lagi-lagi upaya Asnawi masih gagal menambah keunggulan bagi Indonesia.

Semenit kemudian, Thailand juga mampu memberikan ancaman ke gawang Nadeo saat Srayut Sompim melakukan penetrasi ke kotak 16 Indonesia.

Sompim langsung melepaskan tembakan ke gawang saat mendapat ruang terbuka. Beruntung bagi Indonesia, tendangan Sompim masih belum menemui sasaran. Upaya tersebut pun hanya menghasilkan tendangan kiper bagi Indonesia.

Pada menit ke-68, Nadeo berhasil melakukan penyelamatan saat penyerang Thailand menerima umpan tendangan bebas di mulut gawang Indonesia.

Sebelum penyerang tersebut sempat membalikkan badannya ke arah gawang, Nadeo dengan sigap merebut bola dari kaki pemain.

Di menit ke-71, Thailand kembali memberikan ancaman melalui tendangan voli yang dilesakkan oleh Sittichok Paso dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia tendangan pemain bernomor punggung 19 itu masih belum menemui sasaran.

Indonesia kembali menciptakan peluang emas pada menit ke-75 saat Saddil Ramdani melakukan penetrasi ke kotak penalti Thailand.

Dari sudut sempit, Saddil mencoba melepaskan tendangan spekulasi yang mengarah ke gawang. Namun, tembakan pemain bernomor punggung 15 tersebut masih meleset di atas mistar gawang.

Di menit ke-80 Indonesia kembali medapatkan peluang saat Osvaldo Haay berhasil menembus lini pertahanan Thailand melalui serangan di sisi sebelah kiri.

Namun, umpan tarik Osvaldo gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Saddil yang berada tepat di mulut gawang.

Tiga menit kemudian, giliran Feby Eka Putra yang mengancam gawang Thailand. Namun, sentuhan terakhir Feby setelah melakukan penetrasi berhasil diantisipasi oleh Nont Muangngam.

Indonesia akhirnya menambah keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Osvaldo Haay di menit ke-86 setelah menyelesaikan umpan dari Saddil Ramdani yang berhasil melakukan penetrasi cepat saat memanfaatkan serangan balik.

Namun, keunggulan di menit-menit akhir ini tidak lantas membuat Indonesia tenang lantaran wasit memberikan tambahan waktu lima menit di babak kedua.

Beruntung bagi Indonesia, skor 2-0 mampu dipertahankan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter