jatimnow.com
Klopp: Messi Terbaik, Tapi Van Dijk Layak Raih Ballon D'Or

Lionel Messi (kiri) dan Virgil van Dijk (Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia)

jatimnow.com - Manajer Liverpool, Juergen Klopp mengakui Lionel Messi merupakan pemain terbaik yang pernah ada.

Tapi pada saat yang sama, ia menilai bek tengah Liverpool Virgil van Dijk lebih pantas meraih titel Ballon d'Or 2019.

"Keputusan dibuat oleh wartawan, kan? Saya melihatnya sedikit berbeda. Messi pemain terbaik yang pernah saya lihat dalam hidup saya, tetapi musim lalu saya tidak dapat mengingat perjalanan yang lebih mengesankan dari Van Dijk," tegas Klopp dikutip dari Sportkeeda, Rabu (4/12/2019).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Messi mencatat rekor bergengsi dengan meraih penghargaan Ballon d'Or 2019 untuk kali kenam yang berlangsung di Theater du Chatelet, Paris, Prancis, Selasa (3/12) kemarin.

Praktis, raihan Bola Emas keenam tersebut membuat Messi menjadi satu-satunya pemain yang paling banyak mengoleksi trofi tersebut, disusul Cristiano Ronaldo di urutan kedua dengan lima.

France Football menyatakan, Messi hanya unggul tujuh poin atas Van Dijk dan menjadi salah satu perolehan angka terketat dalam sejarah 63 tahun penghargaan itu berlangsung. Kapten Barcelona mengumpukan 686 poin unggul jauh atas Ronaldo (476) di posisi ketiga.

"Itu akan benar jika Van Dijk menang. Kami memenangkan Liga Champions dan dia memiliki musim yang luar biasa," kata juru taktik asal Jerman.

Merujuk pada catatan perjalanan Van Dijk musim 2018/2019, bek tengah berusia 28 tahun itu mengarungi musim fantastis dengan memenangkan trofi Liga Champions, finis di urutan kedua Liga Inggris, dan membawa timnas Belanda melaju ke babak final UEFA Nations League.

Sedangkan, Messi hanya mampu mengantarkan Barcelona meraih trofi La Liga Spanyol yang mengapungkan reaksi negatif dari berbagai pihak. Salah satu yang mengkritisi legenda AC Milan Franco Baresi.

"Musim ini yang terbaik adalah Virgil van Dijk," tulis Baresi dalam akun Twitter pribadinya @FBaresi.

Karena berdasarkan voting para jurnalis, kapten tim nasional dan pelatih tim nasional, unsur subjektivitas tak dapat ditolak. Van Dijk unggul di Asia, sementara Messi menang di Amerika Selatan, Oceania, Amerika Utara, Karibia dan Afrika.

 

Lihat Artikel Asli

Loading...

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

 

Berita Terkait