56 Kapal Ketapang-Gilimanuk Dicek Jelang Natal dan Tahun Baru

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Pengecekan kapal-kapal yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020

jatimnow.com - Menghadapi musim libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), sebanyak 56 kapal yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk diuji petik atau ram check.

Pengujian kapal ini dilaksanakan oleh Marine Inspector Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungwangi untuk mengetahui kesiapan kapal menghadapi masa libur.

Plh Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, KSOP Tanjungwangi, Ade Sucipto mengatakan, uji petik ini dilakukan atas instruksi dari Dirjen Perhubungan Laut untuk kapal motor penumpang (KMP).

"Uji petik ini dilaksanakan dalam rangka persiapan liburan Natal dan tahun baru. Dari KSOP Tanjungwangi menyiapkan enam tim untuk melakukan uji petik pada 56 kapal," kata Ade, Rabu (4/12/2019).

Dalam uji petik itu, seluruh komponen yang ada di dalam kapal dicek. Mulai alat keselamatan life jacket, liferaft hingga sekoci dan kru kapal. Tidak kalah penting, kata dia, bagian permesinan, alat navigasi serta alat pemadam api.

"Uji petik dilakukan pada kapal yang sedang off agar tidak menggangu operasionalnya," ujar Ade.

Pengecekan kapal-kapal yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang-GilimanukPengecekan kapal-kapal yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

Ade melanjutkan, apabila ada kapal yang kurang lengkap, KSOP akan meminta untuk ditambah. Jika operator kapal tidak dapat memenuhinya, sanksi yang akan diberikan kapal tersebut tidak diizinkan berlayar.

"Nanti kita laporkan ke pusat kapal-kapal mana saja yang boleh berlayar atau memenuhi standar angkutan Natal dan Tahun Baru," tegasnya.

Sementara itu, Operator Kapal Satya Kencana II mengaku telah mempersiapkan angkutan untuk libur Nataru. Kru kapal juga rutin melakukan latihan penyelamatan setiap kapal off atau tidak beroperasi.

"Kapal Satya Kencana II ini alat keselamatannya sudah standar internasional mulai peralatannya sampai krunya. Dari sisi keselamatan, kita juga pasang CCTV per ruangan. Bisa dimonitor dianjungan dan kantor cabang," papar Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama, selaku operator Kapal Satya Kencana II, Sunaryo, saat pelaksanaan uji petik.

Selain itu, untuk angkutan Natal dan tahun baru, pihaknya akan memberikan hiburan dari artis Banyuwangi. Ada juga lomba-lomba untuk orang dewasa dan lomba mewarnai untuk anak.

"Sehingga pengguna jasa yang liburan ke Bali, nanti di kapal kan juga akan berlibur. Kita siapkan hiburan di atas kapal," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter