Viral Video Seorang Ibu Melahirkan dalam Kapal di Selat Bali

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Ibu yang melahirkan di atas kapal penyeberangan Gilimanuk-Ketapang

jatimnow.com - Video seorang ibu melahirkan di atas kapal tujuan Ketapang-Gilimanuk, Bali, beredar di media sosial (medsos). Video yang berdurasi 30 detik itu menjadi viral.

Dari video yang beredar, perempuan itu dalam posisi tidur di dek kapal lantaran hendak melahirkan. Tepat di sebelahnya ada sebuah truk yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk. Ibu itu tampak dibantu seorang wanita. Sementara beberapa orang di sekitarnya ada yang membantu menutupi badan ibu itu dengan kain sarung.

"ALHAMDULILLAH TELAH LAHIR DENGAN SELAMAT KMP JAMBU 10 SEMOGA KELAK KAU JADI PELAUT YG TANGGUH DAN JADI ANAK YG SHOLEH SHOLEHA amin," tulis pemilik akun Pakde Gintol di grup Facebook, Senin (9/12/2019).

Pakde Gintol juga menyertakan sebuah nama tempat melalui akun Facebook-nya, yaitu di Tengah Selat Bali antara Gilimanuk-Ketapang.

Ibu dan bayi yang dilahirkannya di atas kapal penyeberangan Gilimanuk-Ketapang dalam kondisi sehatIbu dan bayi yang dilahirkannya di atas kapal penyeberangan Gilimanuk-Ketapang dalam kondisi sehat

Petugas Kesyahbandaran Pelabuhan Gilimanuk, Dimas Siptik membenarkan kejadian ibu hamil bersalin di atas kapal itu. Namun ia menyebut bila kapal tempat ibu itu bersalin yaitu KMP Jambo VI.

"Benar itu mas, kejadiannya sekitar pukul 6.30 (WITA)," jawab Dimas saat dikonfirmasi jatimnow.com, Senin (9/12/2019).

Dimas menyebut, ibu yang bersalin itu berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk pukul 06.30 WITA menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Sekitar 20 menit kemudian, Nakhoda KMP Jambo VI meminta izin untuk balik sandar, karena ada seorang ibu yang melahirkan.

"Ibu yang melahirkan dibantu ABK dan penumpang lainnya. Nakhodanya minta izin balik sandar lagi ke Gilimanuk dan selanjutnya dibawa ke puskesmas untuk penanganan. Selanjutnya, kondisi ibu dan bayi sehat," paparnya.

Berdasarkan data manifes penumpang, ibu yang melahirkan tersebut bernama Suryaningsih (38), warga asal Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

"Karena Ibu Suryaningsih melahirkan di dalam Kapal, sehingga KMP Jambo VI kembali ke Pelabuhan Gilimanuk. Sebab jarak ke Pelabuhan Gilimanuk lebih dekat," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter