jatimnow.com
Penyaluran Kredit UMKM Amar Bank Meningkat 310 Persen

Direktur Operasional Amar Bank, Tuk Yulianto menerima penghargaan

jatimnow.com - Penyaluran kredit untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) oleh Amar Bank pada tahun ini mengalami peningkatan sekitar 310 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Direktur Operasional Amar Bank, Tuk Yulianto mengatakan penyaluran kredit UMKM mengalami peningkatan sebesar 310 persen per Juli 2019 year on year (YoY).

"Ini merupakan bentuk kontribusi nyata Amar Bank terhadap pembangunan. Karena bagi kami peran bank bukan hanya sekedar lembaga bisnis, tapi juga sebagai agent of change yang memiliki misi untuk memberikan perubahan sosial dalam bentuk pemberdayaan nasabah UMKM. Karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian negara," kata Tuk Yulianto dalam siaran pers yang diterima redaksi, Selasa (10/12/2019).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Berdasarkan data dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM, usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan tulung punggung perekonomian nasional. Dibuktikan dengan lebih dari 90 persen pelaku usaha di Indonesia masuk dalam kategori sektor UMKM.

Untuk mendorong perbankan agar dapat menyalurkan kredit atau pembiayaan UMKM, pemerintah menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 17/12/PBI/2015 tentang Pemberian Kredit atau Pembiayaan oleh Bank Umum dan Bantuan Teknis Dalam Rangka Pengembangan UMKM.

Dimana, dalam regulasi tersebut, rasio kredit UMKM terhadap total kredit setiap bank ditargetkan minimal sebesar 20 persen pada akhir tahun 2018 lalu.

Hal tersebut, dilakukan secara bertahap, dimana pada tahun 2015 rasio kredit UMKM terhadap total kredit minimal 5 persen. Pada tahun 2016 senilai 10 persen dan tahun 2017 sebesar 15 persen.

Tuk melanjutkan Amar Bank tetap berkomitmen untuk ikut memperdayakan UMKM. Bahkan, Amar Bank menerbitkan produk unggulannya yakni Tunaiku.

Produk Tunaiku itu mendapatkan penghargaan sebagai Bank Berkinerja Sangat Prima dalam Pembiayaan UMKM kategori Buku 1, yang diberikan oleh Majalah Peluang pada Kamis (28/11/2019) lalu.

"Penghargaan ini membuktikan bahwa Amar Bank memiliki komitmen serius dalam mendorong pertumbuhan UMKM agar dapat tumbuh dan bersaing, sehingga UMKM mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia," terangnya.

Per Oktober 2019, Amar Bank telah menyalurkan 30 persen kredit UMKM dari total portofolio kredit Amar Bank kepada masyarakat.

Atau lebih dari 55 ribu UMKM telah merasakan manfaat menggunakan layanan Amar Bank melalui aplikasi KTA digitalnya, Tunaiku.

Loading...

"Keberhasilan tersebut dikarenakan strategi kami sangat tepat di era digitalisasi saat ini," jelasnya.

 

Berita Terkait