jatimnow.com
Pohon Tumbang Timpa Bengkel Akibat Hujan Angin di Kota Blitar

Petugas membersihkan dahan pohon tumbang timpa bengkel akibat hujan angin di Kota Blitar

jatimnow.com - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kota Blitar membuat sejumlah pohon tumbang. Salah satu pohon tumbang menimpa sebuah bengkel milik Sugeng Prayitno.

Akibatnya, bangunan bengkel yang disewa Sugeng tersebut rusak tertimpa pohon. Reruntuhan pohon dan bangunan juga membuat sejumlah alat kerja milik Sugeng rusak.

"Paling sekitar setengah jam yang lalu. Yang rusak ya ini, bangunan sama beberapa alat kerja," kata Sugeng di sela memindahkan alat kerjanya, Rabu (11/12/2019).

Pohon tumbang tersebut terjadi di Jalan Kalimantan, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Saat kejadian, Sugeng sedang berbaring di serambi bengkel. Saat itu memang sedang hujan angin. Begitu mendengar pohon mulai tumbang dan menimpa bengkelnya, Sugeng melompat untuk menghindar.

"Saya tiduran di dekat pintu. Kemudian ketika bunyi suara pohon tumbang, saya loncat terus menempel ke tembok," tutur Sugeng.

Tak lama setelah pohon tumbang, petugas Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar beserta kepolisian merapat ke lokasi. Petugas lalu memotong dahan pohon tumbang tersebut menjadi beberapa bagian.

"Kerugiannya ya bangunan sama beberapa alat. Sekitar 25 jutaan. Kalau bisa pohon yang rimbun dirapikan biar nggak terjadi lagi," imbuh Sugeng.

Data di Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah, pohon tumbang cukup diwaspadai. Pemkot Blitar juga sudah melakukan sejumlah upaya memotong dahan yang rimbun.

Loading...

"Selain itu kami juga mewaspadai potensi genangan air dan tanah longsor terutama di aliran Kali Lahar. Kami meminta masyarakat untuk waspada dan melaporkan jika terjadi potensi (bencana) di lingkungan," tutur Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Daerah, Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Supriyadi.

Berita Terkait