PKS Siapkan Lima Kandidat untuk Pilwali Surabaya 2020

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Rakorwil DPW PKS Jatim, di Empire Palace, Jalan Blauran, Surabaya

jatimnow.com - Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020 menjadi salah satu barometer pemenangan pemilihan kepala daerah (pilkada) bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, DPP menginstruksi agar bisa memenangkan Pilwali Surabaya 2020 tersebut.

"Ya pasti. PKS mencalonkan dan memenangkan. Siapakah beliau, kami selalu menggunakan pendekatan button up. Silahkan kawan-kawan di tingkat daerah Surabaya, silahkan rembuk dengan para tokoh, dengan internal, lakukan survei. Siapakah yang akan diputuskan nanti disampaikan kepada kami di DPP," ujar Hidayat Nur Wahid di sela Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW PKS Jatim, di Empire Palace, Jalan Blauran, Surabaya, Minggu (15/12/2019).

Apakah DPP PKS melihat kemenangan di Pilwali Surabaya mejadi salah satu barometer pemenangan pilkada bagi PKS.

"Kami melihat seluruh daerah mejadi barometer. Faktanya dalam konteks di Jawa Timur, PKS menyebar di banyak daerah. Kami akan kerja maksimal untuk memenangkan pilkada," tuturnya.

Rekruitmen calon walikota, wakil walikota maupun calon bupati dan wakil bupati di PKS, dilakukan secara tertutup. Artinya, PKS menggelar Pemilihan Umum Internal Raya (Pemira), untuk menjaring siapakah tokoh calon kepala daerah yang akan diusung PKS.

"Kami di DPP biasanya menyetujui apa yang diputuskan oleh kawan-kawan di tingkat Surabaya. Tradisinya, di tingkat pusat merekomendasi dan menyetujui usulan dari rekan-rekan di Surabaya," terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyebut, PKS Surabaya sudah menggelar Pemira. Pekan depan, DPD PKS Surabaya diminta untuk mengumumkan lima bakal calon walikota (bacawali) atau bakal calon wakil walikota (bacawawali) hasil dari Pemira.

"Akan dirilis lima nama hasil Pemira yang serentak di 19 kabupaten kota," papar Irwan.

Siapakah kelima tokoh hasil Pemira PKS Surabaya yang nantinya bakal diusung sebagai cawali dan cawawali Surabaya? Irwan masih enggan membeberkannya.

"Nanti teman-teman Surabaya ditugaskan untuk merilis, biar tidak melangkahi aturan," tandas Irwan.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter