Perjalanan PSG Gresik, Tim Tarkam yang Lolos 8 Besar Liga 3

Putra Sinar Giri (PSG) Gresik

jatimnow.com - Putra Sinar Giri (PSG) Gresik melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional setelah mengalahkan tamunya Perseden Denpasar melalui drama adu penalti dengan skor 4-2 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik.

Pada pertandingan yang digelar Kamis (19/12/2019) itu, sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal sehingga pertandingan dilanjutkan dengan tambahan waktu dan kembali berakhir imbang 2-2. Fase ini merupakan babak 16 besar yang menggunakan sistem knockout, sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan penalti.

Loading...

Ini merupakan capaian positif bagi PSG yang dua tahun lalu masih berstatus tim tarkam. Namun setelah menjuarai Pusaka Cup di Kecamatan Menganti dua kali berturut-turut yaitu 2016 hingga 2017, mereka sepakat ingin memburu prestasi di liga nasional.

Di tahun 2018, PSG memberanikan diri terjun di Liga 3 Regional Jawa Timur dengan menggunakan slot Putra Ijen, klub liga 3 regional asal Jember.
"Kita beli Putra Ijen agar kami bisa ikut Liga 3," kata Manajer PSG, Azis Riduanto.

Pada tahun pertama terjun di liga, PSG langsung lolos ke fase liga 3 Zona Jawa.

"Kita terhenti di Zona Jawa. Kemudian kita lakukan evaluasi agar musim berikutnya bisa lebih baik," ucapnya.

Tak mau melakukan kesalahan yang sama, memasuki musim 2019 PSG berbenah dengan melakukan persiapan yang matang.

"Kami menunjuk pelatih Khoirul Anam untuk membentuk tim lebih awal. Target kita lolos liga dua," beber Azis.

Bukan isapan jempol, penampilan impresif PSG musim ini membuat mereka menjuarai Liga 3 Regional Jawa Timur dengan mengalahkan Perseta Tulungagung di partai final. Sedangkan di fase Zona Jawa, PSG mengalahkan Persitangsel Tangerang Selatan.

Lolos dari Zona Jawa, membuat PSG masuk Babak 32 Besar Liga 3 Nasional dan tergabung di Grup F bersama PSN Ngada, Gaspa Palopo dan PSIL Lumajang. PSG akhirnya keluar sebagai juara grup diikuti PSN Ngada di posisi runner-up.

Hasil itu membuat PSG melaju ke Babak 16 Besar di mana dalam fase ini, David Faristian dkk., kembali meraup kemenangan dari Perseden Denpasar dan berhak mengantongi tiket 8 Besar.

"Alhamdulillah akhirnya kami lolos ke Babak 8 Besar. Tinggal selangkah lagi kita naik ke liga dua," tambah Pelatih Kepala PSG, Khoirul Anam.

Berita Terkait